AfifAlhariri Pratama

Profil Pengajar Muda
Kembali ke Daftar Pengajar Muda
AfifAlhariri Pratama

Pengajar Muda Angkatan

Pria Ambivert yang sedang mencari Tuhan ini lebih senang memperkenalkan diri sebagai “Ucok” kepada siapa saja yang ditemuinya. Hidup di beberapa kota seperti Wamena Papua, Medan, Jakarta, Bulukumba dan Makassar membuat jiwa petualangnya tumbuh semenjak sekolah dasar. Ia akan menjadi pendengar yang taat jika berbicara tentang filsafat, buku, musik, kopi, fotografi, gunung, anak - anak, gerakan sosial dan petualangan.

Alumni Teknik Pertambangan ini memiliki prestasi yang cukup membanggakan. Lulus kuliah selama tujuh tahun dengan rincian: empat tahun serius kuliah dan tiga tahun selebihnya aktif dalam berbagai kegiatan dan backpacking. Ia merupakan pendiri organisasi kemahasiswaan sekaligus ketua dari Persatuan Mahasiswa Tambang. Selain itu terlibat juga dalam banyak kerja kerelawanan seperti menjadi guru di Sekolah Anak Jalanan Kampung Savana,Search and Rescue, Berbagi Nasi dan lainnya. 

Setelah lulus kuliah, ia bekerja di salah satu perusahaan pertambangan swasta di Departemen Produksi sebagai Blasting Engineer. Sebuah kesenangan baginya karena kapan lagi bisa meledakkan gunung dengan status legal?

Dalam sebuah perenungan yang khusyuk, ia tersadar "apa guna harta melimpah jika hidup tak bermanfaat untuk apa-apa." Selanjutnya ia memutuskan berhenti dari pekerjaan dan membayar pinalti untuk bergabung di Indonesia Mengajar. Ia dipercaya menjadi guru di SDN 2 Karang Makmur Musi Banyuasin Sumatera Selatan.

Cita – citanya sederhana. Membuat Taman Kanak – Kanak dan menonton konser Sigur Ros feat Ebiet G Ade. Juga ingin menjadi fotografer majalah Kinfolk atau National Geographic. Sepertinya itu tidak sederhana lagi.


Cerita AfifAlhariri Pratama

Renungan Seorang Guru

06 May 2016

Dua Ilmuwan Cilik Meneliti Gerhana Matahari

29 March 2016

Wahana Ruang Belajar Musi Banyuasin

29 March 2016

Bupati Mengajar

16 January 2016

Lima Film Klasik Pendidikan Yang Patut Ditonton Oleh Pengajar Muda

03 December 2015

Robohnya Pohon Kelapa Kami

16 November 2015

Membuat Dokumen Sendiri

18 September 2015

Lima Ciri Pengajar Muda di Media Sosial

14 September 2015

Sambatan

03 September 2015

Buku, Pesta dan Cinta

30 August 2015

Belajar Toleransi Dengan Sederhana

05 July 2015

Sebuah Tanya

04 July 2015

Selamat Datang di Universitas Kehidupan

30 June 2015

Lima Perasaan PM Ketika Minggu Transisi

28 June 2015

Tiga Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Nikah Dengan Pengajar Muda

21 June 2015

Ikut Iuran