Indonesia Mengajar

IM Learning Institute

Indonesia Mengajar telah bekerja melalui program Pengajar Muda sejak tahun 2010. Selama itu, kami bertemu berbagai penggerak pendidikan di daerah, belajar dari inisiatif lokal pendidikan hingga akhirnya mendapatkan berbagai praktik baik dan pembelajaran berharga.

Indonesia Mengajar percaya, membangun pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak dengan setiap perannya masing-masing. Melalui IM Learning Institute, kami mendorong tumbuhnya pemimpin masa depan melalui berbagai wadah pembelajaran dan ekosistem belajar yang juga sebagai wadah kami membagikan berbagai pembelajaran baik selama bekerja dan bertemu dengan berbagai penggerak di daerah.

Tahun 2020, IMstitute hadir untuk mendorong terbentuknya ekosistem atau jejaring belajar kuat dengan pemahaman akar rumput dan kebaharuan. IMstitute hadir dengan tiga serial, yaitu pendidikan, kepemimpinan, dan gerakan kerelawanan.

Dengan tujuan membangun ekosistem belajar, IMstitute memiliki empat value utama di dalam menyelenggarakan setiap pembelajaran.

  • Fasilitatif, mendukung proses pembelajaran dengan menekankan pada peran dan keterlibatan peserta dalam memperoleh pembelajaran.
  • Kontekstual, menghadirkan pembelajaran dengan pemahaman akar rumput disertai keterampilan terkini yang sesuai dengan masing-masing konteks dan kebutuhan.
  • Reflektif, agar setiap pembelajaran dapat terus bergulir, mendorong peserta untuk membagikan kembali pembelajaran yang didapatkan dari setiap proses belajar.
  • Aplikatif, menghadirkan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk perkembangan diri dan lingkungannya.