Jun
01

Kebanyakan manusia sangat ingin menjawab misteri tentang siapakah dirinya. Mempertanyakan hal tersebut rasanya sudah menjadi hal yang lumrah. Horoskop, golongan darah, juga MBTI digunakan sebagai metode untuk mengetahui kepribadian. Kuis-kuis yang diikuti di situs-situs semacam BuzzFeed telah berceceran dan merajalela di mana-mana. Dari yang cukup serius seperti "What career should you actually have?" sampai kuis yang cukup absurd seperti "What kind of cookie are you?" tersedia dengan manisnya di situs tersebut. (Fenomena ini mengakibatkan sampai pada suatu waktu Slate membuat kuis yang sangat meta, "Which BuzzFeed quiz are you?") Oleh karena itu, pada sesi kali ini, dengan mengadopsi psikometrik terhadap topik-topik relevan ketika menjadi pengajar muda, diharapkan pengukuran aspek-aspek psikologis dari diri masing-masing pengajar muda akan didapatkan.

1. Semasa kuliah, kamu...

a. Selalu aktif mengikuti berbagai macam kepanitiaan, organisasi, lomba, riset, delegasi MUN, sambil tetap mempertahankan IPK di atas 3,5.

b. Tergiur setiap kali mendengar tempat wisata kuliner terbaru dan tercengang ketika ada museum bersejarah yang belum dicentang dari bucket list pribadi.

c. Belajar, belajar, belajar, pipis, belajar, belajar, belajar, makan, belajar, belajar, belajar, makan, buang air besar, tidur.

d. "Lho, saya sedang kuliah?"

2. Ketika mengisi esai, kamu menulis...

a. "Ketika saya membina komunitas X, saya mendapatkan banyak sekali pembelajaran yang tidak pernah saya lupakan. Tak lupa organisasi saya di Y juga membumbui waktu-waktu di kampus tercinta."

b. "Kecintaan saya mengarungi samudra membawa saya untuk berkelana ke ujung dunia demi merasakan nikmat jasmani dan rohani."

c. "Kesuksesan itu muncul dari giat belajarnya seseorang dan investasi hidup yang paling penting adalah pendidikan yang setinggi-tingginya."

d. Meng-input gambar ini di kolom esai.

3. Pada saat pelatihan, kamu...

a. Rasa haus akan informasi-informasi yang ada mengharuskan untuk mengacungkan jari ke atas setiap kali mendapatkan kesempatan bertanya.

b. Mata berbinar-binar ketika melihat jadwal kunjungan ke tempat-tempat tertentu dan hasil alam wajib dicicipi pada sesi survival.

c. Mengobservasi seluruh gerak-gerik teman-teman dan mencatat seluruh presentasi yang disajikan oleh pemateri.

d. Berusaha tidak memejamkan mata ketika kantuk tiba pada saat pelatihan dan melihat jam terus-menerus untuk bersiap-siap ke luar ketika snacktime.

4. Ketika sedang mengajar, kamu...

a. Menjadwal, merapikan, mengorganisasikan seluruh poin-poin yang harus diperhatikan; Mulai dari materi yang diajarkan sampai sifat-sifat murid didata dalam bentuk grafik.

b. Tata Boga menjadi Muatan Lokal dan kegiatan tersebut dilakukan di luar kelas sambil menikmati kelapa muda hasil panjatan sendiri dari pohon yang menjulang tinggi di dekat laut.

c. Mengerjakan RPP dan mempersiapkan media pembelajaran sebelum tidur adalah prioritas utama; Headlamp selalu dikenakan untuk jaga-jaga ketika malam sudah tiba dan cahaya sudah sirna.

d. Pikiran terbagi dua antara mengajar anak-anak dan membuat reaktor nuklir.

5. Semasa di penempatan, kamu...

a. Advokasi ke setiap tatanan pemerintahan adalah hal yang wajib dilakukan setiap kali ke kota dan acara-acara baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan selalu dihadiri.

b. Makanan khas daerah harus dicicipi untuk memenuhi rasa keingintahuanmu. Memakan cacing? Cek. Disembur bisa ular? Cek. Memotong ayam? Cek. Memotong kambing? Cek. Memotong sapi? Cek. Memotong orang? C—.

c. Borang-borang selalu dikerjakan tepat waktu karena diiming-imingi rasa takut akan dinasihati oleh trustee dan juga merasa khawatir jika belum memasukkan sesuatu ke Dropbox.

d. Berharap jati diri sebenarnya tidak diketahui oleh masyarakat setempat.

6. Setelah selesai penugasan, kamu...

a. Bersiap-siap untuk merencanakan langkah selanjutnya; Entah itu melanjutkan kuliah, kerja, ataupun menikah, pokoknya langkah-langkah harus disiapkan secara matang.

b. Langsung menyerbu travel search engine untuk menentukan ke manakah selanjutnya akan menjejakkan kaki.

c. Jadwal OPP sudah tercatat di catatan tercinta yang menemani selama setahun di penempatan dan memastikan teman-teman sepenempatan untuk hadir tepat waktu.

d. Menyusun alur bagaimana cara mendominasi dunia.

Sekarang mari kalkulasikan nilai kalian dan jika ada jawaban bernilai sama (misal: A-nya ada 2, B-nya ada 2, dan D-nya ada 2) silakan menggunakan Fibonacci weighted point system terhadap pilihan hasil jawaban yang menurut kalian lebih merepresentasikan diri kalian (misal: Jawaban A lebih merepresentasikan diri dibanding jawaban B dan jawaban B lebih merepresentasikan diri dibanding jawaban D, maka nilai A = 3 poin, B = 2 poin, D = 1 poin). Memang curang, tapi acap kali itulah yang biasanya kita lakukan terhadap kuis-kuis di BuzzFeed.

Lebih banyak A: Kamu adalah tipe pemimpin di antara pemimpin. Ambisius dan pekerja keras, menjadi nomor satu adalah impianmu. Segala macam persuasi kamu lakukan untuk meyakinkan lawan bicara, termasuk fasilitator dan trustee. Jika gagal meyakinkan mereka, akan mungkin terjadi perseteruan dan perdebatan yang tak kunjung berakhir.

Lebih banyak B: Sifat mengembara ada di dalam darah dan jiwamu. Kalaupun ada tempat yang belum kamu jajahi, kamu akan secara spontan untuk pergi ke tempat tersebut sekarang juga. Ketika sampai penempatanpun, kamu mendaftar seluruh tempat yang wajib didatangi karena merasa sangat sayang jika sepulang nanti tidak mendapatkan oleh-oleh angin dari gunung atau laut yang berada di sekitarmu.

Lebih banyak C: Pembelajar, patuh kepada otoritas, tepat waktu adalah sifat-sifat yang diturunkan oleh kedua orang tuamu. Disiplin adalah tabiatmu yang paling menonjol ketika sedang mengerjakan sesuatu. Jika ada rencana yang tidak berjalan dengan lancar, kamu merasa dunia akan hancur.

Lebih banyak D: Kamu alien.

1 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!