Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Muhamad Khafid Rifai

Khafid merupakan lulusan Sastra Inggris Universitas Sunan Ampel Surabaya tahun 2015. Kemampuan organisasi dan kepemimpinannya mulai diasah dari berbagai aktivitas di organisasi pengembangan kebahasaan UPBA (Unit Pengembangan Bahasa Asing) kampus yang pernah diikutinya.

Minatnya pada bidang sosial kemasyarakatan, khususnya di bidang sikap-sikap multikultural mengantarkan Khafid untuk mengikuti berbagai diskusi tentang masalah sosial. Salah satu diskusi yang pernah dia ikuti adalah “Training and Management Founding for Orphans” di Malasia. Ketertarikan inilah yang membawa Khafid semakin aktif terjun dalam pendidikan sikap multikultural khususnya bagi anak-anak yang kurang mampu dan terlantar (red. Anak yatim dan anak jalanan), dalam Dinas Sosial Surabaya, Yatim Mandiri, dan Yayasan Al-Madina.

Sebelum bergabung dengan Indonesia Mengajar, Khafid bekerja di Yayasan As-Sakinah sebagai Pengajar dan staf Humas selama 4 tahun. Dia juga aktif bergabung pada kegiatan sosial di luar kampus seperti Rumah Ilalang dan Kelas Matahari Surabaya.  

Sikap sosial kemasyarakatan inilah yang ingin Khafid bagikan pada generasi muda di penempatan nanti. Selama satu tahun ke depan, Khafid menjadi Pengajar Muda di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Tugas ini dia yakini sebagai pengabdian dan pembelajaran yang sangat besar nantinya. Khafid percaya bahwa dalam proses pengabdian, tidak seorangpun akan menjadi lebih luhur karena pengabdian tersebut, tapi dia akan lebih kaya hati dalam berbagi. Dan dengan berbagi sejatinya kita akan lebih mendapat banyak dari apa yang kita beri.