Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Ade Novia Maulana (Ade)

Ade Novia Maulana, atau yang lebih akrab dipanggil Anom, lahir dan dibesarkan di kota Jambi.  Motivasi keluarga yang peduli terhadap dunia pendidikan mengantarkan Anom meraih gelar Master of Science (M.Sc) di bidang IT (Information Technology) dari kampus Universiti Utara Malaysia.

Selama masa kuliah, Anom aktif dalam organisasi PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di kampusnya. Pengalaman berorganisasi menempa soft skills dan leadership yang dimilikinya, terutama saat ia terpilih menjadi Pimpinan Presidium pada forum sidang PPI-UUM periode 2012/2013. Selain itu, ia juga adalah salah satu pendiri dari organisasi PAM (Perhimpunan Alumni Malaysia) yang mewadahi seluruh alumni dari kampus se-Malaysia dari jenjang S1 sampai S3 dengan anggota yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Sebelum bergabung menjadi Pengajar Muda, Anom merupakan seorang dosen pada program studi Sistem Informasi, Universitas Jambi. Sebagai dosen, Anom semakin menyadari bahwa sumber daya manusia adalah kekayaan yang luar biasa yang dimiliki suatu bangsa. Kesadaran tersebutdan dukungan keluarga mendorong Anom memilih untuk berjuang dan mengabdisebagai Pengajar Mudademimenyebarkan optimisme di pelosok nusantara. Ia percaya bahwa pendidikan mampu mengubah nasib bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Selama satu tahun ke depan, Anom akan bertugas di SDN Emplawas yang terletak di Pulau Babar, Maluku Barat Daya.