Indonesia Mengajar

Pengajar Muda XVIII

Korps Pengajar Muda XVIII

Bangun Rizka Wijayanto

Pengajar Muda XVIII
Lahir di kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah 05 Februari 1992, Bangun Rizka Wijayanto atau biasa dipanggil Bangun merupakan anak ke tiga dari empat bersaudara dari pasangan Matheus Sutedjo dan Sri Mularti. Belajar dari kedua orang tuanya sebagai pengajar, Bangun memutuskan berkuliahan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan mengambil program Studi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia. Bangun sempat hampir di Drop Out kuliah karena hampir tidak bisa menyelesaikan masa perkuliahannya. Pada tahun 2018 tepatnya semester 14, akhirnya Bangun bisa diwisuda.
Aktif diberbagai organisasi bukan alasannya menjadi telat wisuda, Bangun menyadari kuliah saja tidak cukup harus diimbangi dengan proses berorganisasi. Bangun tercatat pernah menjadi ketua umum Mapala Satria Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2014-2015, PLT ketua umum Gemalingga (Gerakan Mahasiswa Purbalingga) 2017-2018, Bendahara Umum Federasi Arung Jeram Indonesia kabupaten Banyumas periode 2018-2020 dan juga tergabung di Himpunan Mahasiswa Islam tahun 2017 dan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia tahun 2018. Dalam sela-selanya berproses di organisasi-organisasi, Bangun juga membuat usaha di bidang petualangan yaitu toko/rental alat outdoor dan trip pendakian yang dibuatnya tahun 2015.
Kegemarannya berjejaring dan berorganisasi, Bangun memutuskan untuk mengikuti program Pengajar Muda di Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. Tekadnya menjadi bulat karena ingin memfokuskan pada dunia pendidikan dan keguruan sesuai latar belakang pendidikannya. Melihat potensi Indonesia yang besar untuk menjadi negara maju. Dalam prosesnya Indonesia akan mengalami persaingan global dan harus memiliki pemuda-pemudi yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang berkualitas tangguh yang siap mempin dan dipimpin.
Bangun terus belajar mengasah jiwa kepemimpinan dan bejejaring dengan berbagai lapisan masyarakat dari tingkat akar rumput. Salah satu cara Bangun untuk memahami lapisan akar rumput adalah menjadi Pengajar Muda angkatan XVIII penempatan di SD N 1 Mukti Karya desa Mukti Karya / SP 7 HTI kecamatan Muara Lakitan kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.
Cerita inspiratif oleh Bangun Rizka Wijayanto:
Ikut Iuran
Ikut terlibat dalam pendanaan Program Pengiriman Pengajar Muda ke berbagai titik di Indonesia.

Newsletter
Ingin mendapatkan pemberitahuan terkait kabar-kabar dari Indonesia Mengajar?

Berlangganan