Selamat Belajar!
Raras Mulat Sari | 26 June 2015

 

Siapa yang menyangka, kita pada akhirnya berada di sebuah titik yang mungkin sudah kita tunggu sejak lama. Siapa yang menyangka, mimpi-mimpi kita untuk tersenyum dan tertawa lepas bersama anak-anak Indonesia telah terwujudkan. Siapa yang menyangka, ilmu-ilmu yang kita dapatkan selama pelatihan dua bulan lalu akan segera (atau sudah) kita aplikasikan. Pada akhirnya pun kita sadar, pekerjaan ini tidak mudah. Tapi kita telah memilihnya. Kita telah memilih untuk banyak belajar disini.

Sepanjang perjalanannya nanti, kita akan banyak belajar menjadi manusia-manusia yang menjaga niat lurusnya. Demi apa kita menempuh jarak berpuluhkilometer dari rumah? Mengapa kita memilih untuk memulai perjalanan ini? Untuk siapa kita berada di sini? Satu tahun ke depan, kita akan belajar untuk menjadi diri sendiri, dengan selalu bertanya secara jujur pada hati nurani tentang niat kita. Karena semudah dan sesulit apapun perjalanan kita, memaknainya dengan niat baik adalah satu-satunya pilihan.

 

Sepanjang perjalanannya nanti, kita akan banyak belajar menjadi manusia-manusia yang lebih tangguh, pantang menyerah, dan tak patah. Jika keadaan ternyata lebih mudah dari apa yang kita bayangkan, kita akan belajar untuk menjadi manusia yang lebih bersyukur. Namun, jika keadaan menjadi sulit, kita harus meyakini bahwa pertolongan Tuhan itu sangat dekat kepada orang-orang yang tabah dan mau berusaha.

Ya, benar memang, satu tahun ke depan adalah waktu yang tepat untuk kita mendidik diri sendiri. Sedikit bait dari abah Iwan ini semoga menjadi penguat kita saat ini hingga nanti.

 

Tuhan, kini kami berkumpul, merenungkan arti hidup kami yang terisi sedikit niat baik,

bagi sesama yang dalam kegelapan.

Tuhan, teguhkan hati kami, yang punya niat tulus,

dan juga saudara kami yang dalam kegelapan, tabahkanlah dan teguhkan imannya.

Tabahkan hatimu, Tuhan selalu dekatmu.

Sinar terang kan datang bagi orang yang tabah.

 

(Abah Iwan Abdulrachman)

 

Jadiii, selamat menikmati perjalanan, selamat memaknai setiap keadaan, dan selamat belajaaaar...

 

 

26 Juni 2015.

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran