M E W A H ! !
Ramadhani | 24 April 2018

Tanggal 23 April hingga 27 April merupakan hari yang cukup menentukan bagi kelas 6 di SD YPK Solagratia Marau dan sekolah dasar lain yang terdapat di Kepulauan Yapen pada umumnya. Pasalnya ujian sekolah diadakan pada hari-hari tersebut. Namun ada yang cukup beda dengan pelaksanaan ujian sekolah di sekolah ini.

Anak-anak mendapatkan perlakuan khusus dari selama perlakuan ujian sekolah ini. Anak-anak yang biasanya mandi ke tempat penampungan air atau di kali dekat kampung. Air mandi diangkat ke rumah dan terkadang disediakan air panas, sungguh sebuah kemewahan. Selepas ujian pun mereka disediakan makan siang. Orang-orang tua bekerja sama menyiapkan makan siang di sekolah (lihat foto di atas). Guru-guru juga kebagian rezeki juga tentunya. Makan siang setelah mengawas merupakan sebuah berkat.

Rupanya setelah menelusuri lebih jauh, kebiasaan ini telah dilakukan dari dulu. Ketika orang-orang tua masih harus ujian ke Ansus (ibu kota distrik). Mereka juga diperlakukan sama. Air mandi dibawa ke rumah dan makanan disiapkan sebaik mungkin. Ini merupakan sebuah kebiasaan yang sangat langka yang hanya dapat ditemukan di pelosok Indonesia.

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran