PM Side Job
Putri Lestari | 06 February 2012

Tugas Pengajar Muda di atas kertas adalah menjadi Pengajar dari Senin-Sabtu, lalu melatih ekstrakurikuler dan melakukan pemberdayaan masyarakat, tapi sesungguhnya di lapangan para Pengajar Muda juga  memiliki tugas tambahan. Tugas ini tak pernah selalu penuh kejutan. Tugas-tugas tersebut antara lain adalah :

1.       Paramedik

Pengajar Muda harus siap setiap kali ada yang datang bilang “Ibu, anak saya kepalanya bocor kepentok meja” sambil menggandeng anaknya yang menangis dengan kepala bersimbah darah. Atau “Ibu, anak saya kesiram air panas”,atau  “Saya Kena golok bu” . Yak, alkohol, plester, perban, minyak tawon, betadine dan lain sebaginya menjadi sahabat. Bukan hanya keadaan emergency, sakit-sakit ringan seperti Batuk, Pilek, Demam, Diare dan Panas Dalam PM juga akan menjadi tujuan. Jangan heran, Pusat kesehatan terdekat berjarak 30 menit dengan sepeda motor, yakitu Bidan. Sedangkan Puskesmas berjarak 1 jam 30 menit.

2.       Fotografer

Dalam acara pernikahan, Maulud Nabi, Idul Fitri dan lain sebagainya, PM akan dimintai bantuan untuk mernjadi juru photo, begitu pula setiap ada warga yang akan membuat KTP.  Selain itu, pemotretan santai diberbagai lokasi juga bisa dipenuhi. Misalnya saja pada saat ada acara piknik bersama warga ada salah seorang warga yang sudah siap dengan properti kaca mata hitam untuk difoto di pinggir pantai dengan berbagai gaya untuk di kirim ke suaminya di Malaysia. Mungkin kalau disini kenal dengan istilah foto Prewedding PM akan semakin laku sebagai fotografer.  

3.       Tukang Reparasi

“Ibu, tolong tv nya Laila hilang gambarnya” atau “Ibu, Jam tangan saya rusak” PM juga sering kali dimintai bantuan dalam hal-hal perbaikan atau reparasi barang. Yang satu ini, adang mujur kadang ancur. Kalau cuma masalah salah-salah pasang kabel, tentu dengan sistem coba-coba kita bisa menyelesaikannya, tapi kalau ada masalah-masalah lain tentu hanya ahli yang bisa. Kalau tidak bisa, biasanya saya tidak akan langsung bilang tidak bisa, saya tetap memperlihatkan upaya terlebih dahulu, tindakan sok tahu seperti ini biasanya berakibat kesetrum.

Yak itulah sekelumit Side Job  saya sebagai Pengajar Muda, PM di tempat lain mungkin punya side job yang berbeda. Terkadang pekerjaan orang tua angkat juga menjadi side job PM seperti Nelayan, Petani, dan lain sebagainya (kecuali TKI tentunya).

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran