Kata Mereka, Penggerak Daerah Pada Pengajar Muda Rote Ndao
Muhammadfirdaus Ismail | 09 July 2015

Empat tahun sudah Pengajar Muda Indonesia Mengajar secara bergantian berada di Pulau Rote. Dan tahun ini merupakan tahun kelima dan sekaligus menjadi tahun terakhir keberadaan kami di pulai paling selatan Indonesia ini. Kehadiran Pengajar Muda telah memberikan perubahan positif bagi banyak pihak di Rote Ndao. Salah satunya adalah pemuda-pemudi Rote Ndao yang kami beri istilah aktor lokal Rote Ndao. Kehadiran PM selama empat tahun terakhir telah mendorong munculnya aktor lokal pulau ini untuk peduli terhadap pendidikan. Para aktor lokal tersebut pun sudah terjejaringkan dan membentuk adanya interaksi positif satu sama lainnya. Banyak kesan positif dan kenangan berarti yang didapatkan dan dirasakan mereka setelah berkerjasama dengan PM. Berikut beberapa testimoni dan kesan para aktor lokal Rote Ndao kepada para PM yang telah hadir di pulau nan indah ini. 

Saya melihat satu paket pemuda yang cerdas, berprestasi, dan berkomitmen tinggi. Bagi saya kalian PM adalah orang-orang yang berhasil menunjukkan model guru yang sebenarnya. Kisah, pengalaman, dan pengamatan kalian membangkitkan harapan di masa depan bahwa masih ada orang-orang hebat seperti kalian yang ada di bangsa ini. Semangat juang dan kekompakan kalian menunjukkan bahwa masalah pendidikan dapat dientaskan jika ada orang-orang yanng sepakat bekerjasama dan membagi tanggung jawab melalui aksi-aksi nyata. (Sepri ; Komunitas Anak Muda Rote Ndao)

Pengajar muda itu ngotot berbuat dan hebat bertindak bagi Rote Ndao. Tak kenal lelah, berbuat di luar kapasitas utama sebagai pengajar muda. Menjadi motivator bagi Kita di Rote Ndao tentang pentingnya totalitas berpikir dan berbuat bagi daerah di mana kita berada. Mereka bersahabat tak kenal sekat. (Ernest Sula; Sekertaris DPRD Rote Ndao)

Kaka-kaka PM telah mengabdi dengan giat di Rote. Mereka menorehkan jejak mereka di pasir keabadian pendidikan di Rote.  Semangat mereka menginspirasi. Tak mungkin bagi kami untuk menahan kepergian mereka, namun adalah mungkin untuk mendekap semangat mereka dan mengobarkannya pada generasi berikut. (Sherwin ; Komunitas Anak Muda Rote Ndao)

Saya senang sekali bisa bekerjasama dengan orang-orang luar biasa yaitu pengajar muda. Mereka penuh dengan antusiasme perubahan yang seperti tak ada habisnya. Saya selalu bersemangat karenanya. (Danny ; Sekolah Musa)

Pengajar Muda itu rendah hati, tidak sombong, bisa hidup sederhana, gampang berbaur dengan masyarakat dan pintar membangun relasi. Pesan untuk mereka, jangan pernah lupakan nusa Rote, nusa man suek. Kami selalu menunggu kepulangan PM, dalam bentuk ide dan pemikiran-pemikiran yang konstruktif. (Petson S. Hangge ; Komunitas Anak Muda Rote Ndao)

Kami sangat bersyukur pada Tuhan karena telah dipertemukan dengan PM. Mereka terpanggil meninggalkan orang tua, keluarga dan kampung halaman untuk melayani, mengabdi dan berbagi di Pulau Rote. Mereka selalu setia menjalankan setiap tugas dan tanggung jawabnya baik di sekolah maupun kegiatan bersama aktor lokal di Pulau Rote. Kebersamaan dengan mereka menambah semangat kami untuk memajukan pendidikan di Rote. Terimakasih PM, semangatmu senantiasa akan kami jaga. Sukses selalu, Soda Molek. (Kak Ela ;Pengelola Taman Baca)

Mengenal kalian orang-orang hebat dan luar biasa yang menginspirasi adalah anugerah indah dalam hidup saya. Ada banyak pelajaran berharga yang telah saya pelajari dari kalian. Semangat kalian menggerakkan kami aktor-aktor lokal untuk dapat melakukan banyak hal positif demi kemajuan pendidikan di Rote. Terimakasih atas segala jasa kalian yang menjadi penyemangat dalam hidup saya untuk terus “bergerak”, dan telah menyatukan kami orang-orang lokal untuk bekerjasama demi kemajuan pendidikan.  (Werni ; Pengelola Taman Baca)

Apresiasi kalian dalam hal-hal kecil meyakinkan anak-anak Rote untuk bermimpi besar. Saya amat sangat yakin jerih payah kalian tidak akan sia-sia. Suatu saat anak-anak yang pernah merasakan perhatian dan dedikasi kalian akan menjadi pengalaman seumur hidup yang tak mungkin dilupakan. Cerita-cerita unik mereka tentang kalian akan terdengar 15 – 20 tahun yang akan datang, yang mungkin kalian sendiri tidak mendengarkan cerita-cerita itu secara langsung. Mengenal kalian adalah hal yang tak mungkin terlupakan. LAHIRKAN ROTE DI HATI KALIAN DAN kemanapun kalian pergi akan selalu terbawa --- SODA MOLEK (Sepri ; Komunitas Anak Muda Rote Ndao)

Saya mau bilang ke Bapak Anis dan Bapak Hikmat bahwa Tuhan telah memberikan kami  lilin-lilin yang berpijar dengan indah di Pulau Rote. Setahun nyalanya menginspirasi kami dan mengurangi jumlah pengutuk kegelapan. Walaupun lilin itu diambil dari kami, cahayanya mulai menyebar. Terimakasih PM. Tetaplah menginspirasi. (Sherwin ; Komunitas Anak Muda Rote Ndao)

Kaka-kaka PM telah berbuat banyak bagi kami. Ini menjadi motivasi bagi saya untuk berbuat lebih banyak untuk daerah saya. Mereka adalah orang Rote sejati. Suatu saat saya berharap mereka bisa kembali ke Rote dan melihat hasil anak didik mereka. Semoga Rote senantiasa di hati mereka. (Rina ; Pengelola Taman Baca)

Mereka sudah saya anggap seperti orang tua sendiri. Mereka rela berkorban tenaga dan pikiran serta siap menjadi wadah masalah bagi anak Rote. Dari mereka, saya banyak mengikuti kegiatan positif dan mulai mengenal arti sebuah taggung jawab. Saya bangga Rote kedatangan tamu istimewa yang sangat peduli dengan pulau ini, yang ikut ambil bagian dalam menebarkan mimpi pada anak-anak Rote. (Dodi; Alumni KPR)

 

Terimakasih para Pengajar Muda Rote Ndao, kehadiran kalian dalam bentuk ide, gagasan dan pemikiran yang konstruktif berkaitan dengan pendidikan akan selalu kami tunggu. Soda Molek. 

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran