FORUM ANAK LEBAK: Dari Anak, Oleh Anak, Untuk Anak Lebak yang lebih baik
Arista Setyaningrum | 26 July 2015

Aku anak Indonesia anak yang merdeka Seribu pulaunya, ragam suku nya, satu jiwa raga nya Indonesia Indonesia Aku bangga menjadi anak Indonesia

Nyanyian semangat akan kebanggaan dan cinta anak-anak Lebak terhadap tanah air Indonesia yang dinyanyikan bersama dalam Forum Anak Lebak. Forum Anak Lebak adalah wadah anak Lebak untuk menyampaikan aspirasi mengenai hak-hak anak. Pada Tahun 2015 ini, Forum Anak Lebak memasuki angkatan ke II. Forum ini diinisiasi oleh anak-anak Lebak dari berbagai latar belakang. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak Sekolah Dasar dan Menengah yang berdomisili di Rangkasbitung. Mereka adalah anak-anak yang aktif di berbagai organisasi baik intra sekolah maupun ekstra sekolah. Mereka berkumpul dan “bekerja” untuk anak Lebak. Forum anak sendiri adalah sebuah lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah atau pranata bagi anak yang belum berusia 18 tahun dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak yang dikelola oleh anak-anak dan dibina oleh pemerintah sebagi media untuk mendengar dan memenuhi aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Forum ini merupakan jembatan bagi anak untuk menyampaikan aspirasinya kepada orang dewasa. Forum seperti ini banyak digiatkan mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat nasional. Forum Anak Lebak angkatan I juga pernah mengirimkan wakilnya dalam Forum Anak Banten dan Forum Anak Nasional. Pada angkatan kedua ini Forum Anak Lebak membuka kesempatan kembali kepada anak-anak Lebak untuk bergabung dalam forum dan memulai kegiatan-kegiatan positif dengan menyelenggarakan Pembentukan Forum Anak Lebak Angkatan II yang dilaksanakan tanggal 26 Juli 2015 di Gedung PGRI Kabupaten Lebak.

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran