Nizar Eko Fachrulloh

Profil Pengajar Muda
Kembali ke Daftar Pengajar Muda
Nizar Eko Fachrulloh

Pengajar Muda Angkatan

Nizar Eko Fachrulloh atau biasa dipanggil Nizar adalah laki-laki kelahiran Jombang, 5 Januari 1994 dari pasangan Sugeng dan Sufiah. Terlahir sebagai anak pertama dari keluarga desa yang sederhana dan penuh kasih sayang, berandil besar dalam membentuk sikapnya menjalani hidup. Sejak kecil, ia selalu menuruti anjuran orang tua termasuk dalam pendidikan. Mulai dari sekolah di SD dan SMP pinggiran (dekat dengan rumah) hingga di SMK Jurusan Akuntansi (yang mayoritas muridnya perempuan). 

Sifat Nrimo Ing Pandum itulah, yang justru memudahkan dirinya menggapai pencapaian-pencapaian yang tak terduga, termasuk berkesempatan mendapatkan beasiswa BidikMisi dan mengemban amanah sebagai Pengajar Muda.

Saat kuliah, Sarjana Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya ini aktif di berbagai organisasi. Ia mengasah keterampilan diskusi dan penalaran di Fordi Mapelar UB, mendapatkan pengalaman riset di Research Study Club FIA-UB dan banyak belajar nilai-nilai kehidupan seperti kesabaran, keikhlasan, kejujuran serta persaudaraan di PSHT UB. Selain itu, ia juga aktif berproses di PMII. Tahun 2016, ia berhasil lolos Program Mahasiswa Wirausaha dengan idenya yaitu Creative Handicraft: Bag Go Green. 

Selepas lulus, Nizar bekerja di Avemedia Research, lembaga riset yang berfokus di isu sosial, ekonomi dan politik. Di samping itu, ia juga menimba pengalaman di Komunitas Averroes. Komunitas inilah yang telah membelokkan cita-cita dan mengenalkan banyak kepada Nizar tentang asyiknya melakukan kerja-kerja sosial dan mendampingi masyarakat.

Bergabung dengan Indonesia Mengajar adalah panggilan hati. Ia meyakini bahwa menjadi Pengajar Muda akan memberikan pembelajaran yang sungguh berharga, yaitu kesempatan mengenal Indonesia lebih dekat tanpa sekat, belajar dari masyarakat secara langsung dan melihat senyum bahagia anak-anak yang berjuang mewujudkan mimpi-mimpinya.

Cerita Nizar Eko Fachrulloh

Suara Guru di Hari Guru

03 December 2020

Perayaan Hari Guru di Pegunungan Bintang

03 December 2020

Ikut Iuran