Haratdzul Ichsan Jushar

Pengajar Muda XXII - Teluk Wondama

Pria bernama lengkap Haratdzul Ichsan Jushar yang akrab dipanggil Ijul ini adalah anak tunggal dari pasangan Harsedri Jushar dan Awang Sunengsih. Lahir dan besar di Bogor, bersekolah di Manado, kuliah di Palembang, hingga bekerja di Bandung membuat lulusan arsitektur Universitas Sriwijaya ini mempunyai minat tinggi untuk berinteraksi dengan tempat dan orang baru. 

Selama berkuliah, Ijul aktif dalam berbagai kegiatan di dalam maupun di luar kampus. Ia pernah menjadi ketua di Lembaga Dakwah Fakultas dan Lembaga Dakwah Kampus. Ia juga pernah menjadi salah satu penerima manfaat beastudi Rumah Peradaban Sriwijaya dari Rumah Zakat. 

Bersama Arkom Indonesia, Ijul pernah terlibat dalam program penataan kampung kota di permukiman bantaran sungai Gajahwong dan relokasi masyarakat Pringgomukti pasca penggusuran di Yogyakarta. Hal ini merupakan salah satu ekspresinya untuk terlibat membantu masyarakat yang membutuhkan terkhusus di sektor keamanan bermukim. 

Setelah lulus, Ijul menjadi asisten manajer Bidang Mahasiswa, Kaderisasi, dan Alumni (BMKA) Salman ITB. Di sini, ia terlibat dalam berbagai program pelatihan dan pengembangan diri bagi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa program yang dipegangnya antara lain adalah program persiapan pasca kampus dan penjelajahan berbasis pemberdayaan masyarakat. Melalui peran ini, ia membuktikan semangatnya dalam bidang pelatihan dan pengembangan diri. 

Menjadi Pengajar Muda adalah cita-cita Ijul sejak SMA. Ia terinspirasi menjadi salah satu golongan intelektual yang dapat terlibat mendidik anak-anak di pelosok Indonesia. Pengalaman pendidikannya yang selalu mendapatkan beasiswa mulai dari SD hingga berkuliah membuatnya ingin untuk dapat membalas jasa pada masyarakat Indonesia.