YEAYY.. AKU KE JAKARTA
Suparni | 03 January 2018

Giovani Kapiluka, anak SMP Negeri Lakor Kelas IX ini sebelumnya tidak pernah memiliki mimpi untuk bisa berkunjung ke Ibu kota Negara Indonesia, Jakarta. Betapa tidak, dengan segala keterbatasan yang ada di daerah tempat tinggalnya, adalah wajar jika seseorang tidak berani meletakkan mimpinya bersama bintang di atas sana. Tetapi bukankah itu juga menjadi tanggung jawab kita semua, seperti yang pernah Bapak Hikmat Hardono sampaikan saat pelantikan PM XIV, dan masih sangat jelas terngiang di otakku, bahwa "Kita memutuskan menguatkan niat untuk tidak sekedar tidak membunuh harapan-harapan orang tua, warga-warga desa di ujung-ujung Republik ini. tetapi juga memutuskan untuk merawat harapan agar suatu saat nanti anak-anak mereka tumbuh berkembang setara dengan anak-anak lain di seluruh Indonesia". dan aku sangat mengamini itu, bahwa semua anak memang setara.

pun dengan Gio (sapaan untuk Giovani Kapiluka), yang mampu membuktikan bahwa memang semua anak, dimanapun di Seluruh Indonesia, entah di kota maupun desa, di pusat pemerintahan maupun di pedalaman, adalah setara. melalui program Anak Sabang Merauke (ASM), Gio berkesempatan untuk berkunjung ke Jakarta. dari sekian banyak aplikasi yang masuk dari seluruh Indonesia, Gio mampu menjadi satu dari 15 anak yang tembus untuk mengikui program tersebut. tinggal bersama keluarga asuh, berkunjung ke tempat-tempat kece, melakukan hal-hal keren yang sebelumnya tidak pernah terbayang, begitu membuat Gio bersemangat. ya. aku bisa melihat binar-binar kebanggan dalam dirinya saat dia menceritakan itu semua di depanku. tentu ini akan menjadi pengalaman tak ternilai dan sangat berharga baginya. dan yang lebih luar biasanya lagi, yang bahkan aku sendiri sangat iri padanya, Giovani Kapiluka, anak dari Pulau Lakor, pulau yang mungkin banyak orang tidak tau bahwa itu adalah bagian dari Indonesia, mampu bertemu dengan salah satu tokoh paling menginspirasi di Negara ini, Bapak Habibie. Oh My God. pasti rasanya seru banget.

Sekarang, Gio aktif mensosialisasikan Program ASM ke teman-temanya. bahkan dia sangat senang jika ada teman-temannya yang bertanya seputar ASM.

"Teman-teman yang lain harus ada yang bisa ikut lagi pak guru, biar merasakan apa yang Gio rasakan, pokoknya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata"

Kata Gio sore itu, ketika aku bertamu di rumahnya.

Terima kasih Gio, Kamu sudah membantu untuk membuktikan kepada orang-orang di sekitarmu, bahwa apapun bisa terjadi, asalkan ada kemauan yang kuat. Proud of You and Good Luck .

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran