info@indonesiamengajar.org (021) 7221570

To Keep the Reptiles Alive

Patrya Pratama 6 Februari 2011
Berikut adalah beberapa metode yang telah saya coba lakukan. 1. permainan piramida Terinspirasi dari kuis piramida di zaman 1990-an, permainan ini cukup menarik dilakukan untuk melatih kemampuan verbal siswa dalam menjelaskan sebuah kata-kata atau konsep tertentu sekaligus mengjafal istilah-istilah pelajaran tertentu yang sulit. Siswa bekerja secara berpasang-pasangan. Guru memasang beberapa kategori di papan tulis. Setiap kategori mengandung beberapa kata yang kemudian harus dijelaskan oleh pemain untuk ditebak oleh pasangannya. Bila kemampuan verbal mentok, perbolehkan siswa lain yang tidak sedang bermain untuk membantu (the kids wouldnt mind). Kalau masih mentok juga, saya perbolehkan siswa untuk menggunakan bahasa tubuh dengan gaya tertentu. Kalau masih mentok juga perbolehkan siswa mengucapkan huruf pertama dan terakhir dari kata tersebut. Kalau masih mentok juga, just forget the word. 2. Permainan cerdas cermat Cukup jelas lah. Paling yang menarik adalah setiap kelompok belnya berupa bunyi suara binatang tertentu. 3. Permainan “siapa saya” Masih mengandalkan kemampuan verbal siswa, setiap siswa ditempeli sebuah kertas bertuliskan istilah tertentu di punggungnya. Lalu dia bertanya pada siswa lainnya sebelum menebak kata apa yang tertempel pada punggungnya. Pertanyaan adalah pertanyaan “ya atau tidak” dan siswa yang ditanya hanya menjawab ya atau tidak. Ini bisa digunakan untuk kata-kata atau istilah dalam pelajaran tertentu. 4. amazing race (amatir) Cocok untuk anak yang tidak bisa diam. Kelas-kelas ditempeli kertas berisi pertanyaan pelajaran yang sedang diajarkan. Siswa berada dalam kelompok yang terdiri dari 2 orang. Setiap siswa di-“post”-kan di setiap tempelan kertas.Beri waktu sekitar 5 menit (disesuaikan bobot pertanyaan) untuk setiap grup untuk menyelesaikan pertanyaan. Setelah 5 menit, siswa bergeser ke post tempelan kertas berikutnya. Setiap grup membawa alat tulis sendiri dan kertas jawaban yang akan dijawab di akhir pertandingan. Lakukan pembahasa soal setelah semua grup melewati setiap post. Its cheesy but to keep it weirdlt interesting, ketika grup berjalan dari satu post ke post lainnya, minta mereka melompat katak atau bergaya seperti ayam (apa sajalah sehingga murid lupa betapa sulitnya soal yang baru saja mereka bereskan). 5. berdiri/duduk di meja (if socially acceptable) Lakukan di awal atau akhir pelajaran. Di awal pelajaran untuk mengingat kembali materi sebelumnya, di akhir pelajaran untuk memacu siswa untuk pulang lebih dahulu. Semua siswa berdiri/duduk di atas meja. Siswa diberi pertanyaan secara bergiliran dan boleh duduk/pulang bagi yang berhasil menjawab pertanyaan. Pastikan soalnya cukup sulit dan berbobot sama agar adil sehingga tidak semua siswa dapat langsung duduk/pulang.

Cerita Lainnya

Lihat Semua