Gotong Royong Bukan Tentang Uang
Mohamad Nurreza Rachman | 28 October 2016

Pada Suatu pagi aku mendapatkan ajakan dari papa piaraku di rumah untuk ronda-ronda (re: jalan-jalan) keliling dusun. Pagi itu ternyata di dusunku sedang ada sebuah kegiatan. Tanpa berpikir panjang aku bergegas untuk ikut hingga tibalah aku di depan sebuah rumah yang ramai dikelilingi oleh masyarakat banyak.

 

Disana semua elemen masyarakat hadir, baik laki-laki perempuan, tua muda, dewasa anak-anak, mereka berkumpul untuk ikut sama-sama bekerja. Mereka tengah membangun atap sebuah rumah milik seseorang dengan rumbi (re: daun pohon sagu). Dugaanku itu adalah rumah seorang guru, pendeta atau tokoh masyrakat sehingga mereka mau mengerjakan bersama. Namun aku salah, ketika aku bertanya dan diarahkan kepada seorang ketua mata rumah (pemuka adat) beliau menyampaikan apabila "Disini setiap ada rumah yang dibangun katong selalu bikin kerja akan sama-sama" (re: di kampung ini setiap ada rumah yang dibangun kita selalu kerjakan itu sama-sama).

 

Dan semua itu seperti sudah tersistemasi, bukan hanya membangun rumah tetapi di setiap kebutuhan kerja yang memerlukan banyak tenaga, siapapun yang membutuhkan dapat menghubungi bapak mata rumah. Selanjutnya beliau akan menetapkan waktu dan meminta semua warga untuk hadir bersama.

 

Betapa takjubnya aku melihat keindahan gotong royong ini. Terlebih mereka juga sudah biasa berbagi tanggung jawab ketika bekerja, seperti pada hari itu para lelaki dewasa bertugas menyusun atap, lelaki yang sudah berusia senja mengayam dibawah. perempuan serta anak-anak biasa menyiapkan makanan (biasanya babi dan anjing) untuk dimakan sama-sama setelah bekerja.

 

Aku tersadar setelah melihat itu, jika ternyata ketika kita kerja semua bukan tentang uang, seperti layaknya hal yang aku temui ketika hidup di kota ketika hampir semua hal dalam hidup ini selalu dikuru dengan uang. Tetapi yang lebih penting adalah tentang bagaimana kita bisa memberi dan berbagi untuk orang lain, hingga akhirnya nanti pasti akan ada saatnya kita yang akan menerima semua ganjaran baik yang sudah kita lakukan dulu.

 

 

 

#DUSUNRUMKUDA #DESAJERUSU #KEPULAUANROMANG #MALUKUBARATDAYA #PMXII #CERITAPM #PMMBD #INDONESIAMENGAJAR

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran