(Bukan) Ibu Rumah Tangga
Mohamad Nurreza Rachman | 27 May 2017

(Bukan) Ibu Rumah Tangga   Namanya Zusanna lisa Jacob. Sekilas tidak ada berbeda antara zusan dengan anak-anak yang lain. Hanya model rambutnya saja yang terlihat seperti anak laki-laki karena potongannya yang terlalu pendek serta bau kopra yang biasa menyengat dari tubuhnya karena tinggal di rumah yang juga menjadi gudang pengolahan kopra.

.

  Dibalik penampilan zusan yang seperti itu, siapa menyangka anak yang sekarang duduk di kelas 6 ini adalah seorang ibu rumah tangga. Memang bukan profesi ibu rumah tangga yang seutuhnya, tetapi ketidak hadiran ibu kandung anak sulung dari 4 bersaudara ini lebih dari 2 tahun lamanya. Hal itu terjadi akibat terdapat masalah pribadi antara mama dan papanya Zusan yang menyebabkan mereka berpisah tanpa kejelasan sehingga seluruh tugas dan tanggung jawab seorang ibu diemban Zusan dengan usia sedini itu.  

.

Adik-adiknya saat ini berada pada jenjang sama dengan dirinya, Hana kelas 4, Niko kelas 3 dan Bito kelas 1. Setiap pagi dia yang memasak bubur untuk ayah dan ketiga adiknya, hingga pada malam hari dia harus memastikan seluruh pakaian sekolah adik-adiknya sudah tersedia. Jarak antara rumah ke sekolah yang menempuh waktu 30 menit juga bisa menjadi bayangan pada pukul berapa Zusan harus bangun mempersiapkan segala galanya.  

.

Tantangan seperti ini memang bukan mudah untuk dilalui, suatu ketika pernah dia kabur dari rumah selama 1 bulan dengan cara hidup di hutan atau menumpang tinggal di rumah-rumah warga, akibat perlakuan kasar sang ayah dalam memperlakukan dirinya. Hingga pada akhirnya kami para dewan guru melakukan pendekatan kepada dia dan ayahnya untuk dapat memperbaiki hubungan keluarga tersebut.  

.

Mungkin masih banyak Zusan-zusan diluar sana yang memiliki kehidupan yang lebih berat, mengemban tugas sebagai Ibu Rumah Tangga diusia sedini itu. Namun bagiku dia terlalu luar biasa untuk mengajariku untuk tidak mudah menyerah dalam melewati segala kekurangan dan keterbatasan dalam hidup ini. Terima kasih Zusan :)

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran