info@indonesiamengajar.org (021) 7221570

Sepenggal Coretan "Aisyah"

Francisca Andana Okasanawati 29 September 2012

Jari – jari manisnya menari – nari diatas selembar kertas kosong yang aku berikan. Seolah jari – jari itu menarikan serangkaian tari indah yang dituangkannya dalam sebuah cerita sederhana. Rentetan kata itu terangkai menjadi berbaris – baris kalimat sederhana berbahasa anak. Kupegang dan kubaca dengan haru seolah hati ini ikut menari, perasaan sederhana seorang bocah kecil berusia 8 tahun membuatku terpaku, rentetan kata itu mengukir kenangannya pernah bertandang ke Ibu Kota.

Perasaanku ke Jakarta

Saya merasa senang bisa ikut lomba OSK karena saya belajar dengan giat. Pertama kali saya ikut lomba OSK bertempat di SDN 006 Paser Belengkong, saya senang sekali karena bisa berkenalan dengan teman-teman di sana. Setelah lama saya mengikuti lomba dan diumumkan, saya terharu mendengar bahwa saya lolos ke babak semifinal dan saya bisa mengikuti tahap semifinal OSK di SD IT Al-Khawarizmi. Saya punya teman istimewa di SD IT namanya Dewi dan Najwa, saya senang sekali bisa berkenalan dengan mereka. Ketika semifinal saya mengisi jawaban dengan baik dan teliti, dan saya gembira saat senang mendengar saya bisa lolos  final OSK ke Jakarta. Orang tua saya juga terharu mendengar saya lolos ke final. Saya mempersiapkan diri untuk pergi kesana.

Hari rabu 27 Juni 2012 telah tiba, saya berangkat ke Balikpapan dan bermalam di sana. Esok harinya saya berangkat ke Jakarta, saya pergi ke bandara Sepinggan Balikpapan dan saya senang sekali karena saya baru pertama kali naik pesawat dan akhirnya saya sampai Jakarta. Saat naik pesawat, saya melihat ke bawah dan banyak sekali rumah seperti rumah – rumahan, saya takut melihat ke bawah, tetapi saya juga senang.  Sampai di Jakarta saya menempuh perjalanan ke hotel dan macet, sesampainya di hotel saya istirahat dengan tenang, saya tidur dengan nyenyak. Hari Jumat saya tak kemana- mana saya hanya pergi ke mol dan diajak menonton film di layar yang lebar bersama guru saya, lalu saya daftar ulang lomba OSK di sore harinya.

Pada hari Sabtu saya ikut lomba, saya senang bisa berteman dengan Najwa, Feby, Eben, Allsy, dan Cika. Setelah lomba saya berkunjung ke pabrik Astra. Saya senang naik bus dan keramaian teman – teman. Saya dan teman – teman diajak melihat – lihat di sana tentang pembuatan motor dan setelah selesai saya kembali lagi ke tempat lomba lalu pulang ke hotel. Hari minggu saya ke Bogor dan mengikuti malam penghargaan. Sebelum malam penghargaan tiba, saya belajar bermain angklung dan membuat lampion bersama teman – teman yang lain.  Malam penghargaan tiba, walaupun saya tidak menang yang penting saya tetap ikut lomba, saya pernah pergi ke Jakarta dan saya pernah naik Pesawat. Saya ingin sekali berbagi cerita dengan teman – teman di rumah saya. Saya lebih senang sekolah di Kalimantan, karena tidak polusi dan tidak macet. Kalau di Jakarta dimana – mana kotor dan polusi. Setelah belomba di hari Senin dan selasa saya pergi jalan – jalan, ke Seaworld, Dufan dan Monas,saya senang pernah ke Jakarta.

Kontributor : Aisyah Nur Andhita Finalist OSK 2012 (SDN 015 Tanah Grogot –Kaltim)

*mengalami sedikit editan tanpa mengubah maksud.