Bintang Itu Mulai Bersinar
Emy Aditya Pramita Sari | 26 October 2016

Aku sangat menyukai bintang karena dia selalu bersinar di malam hari. Kali ini aku akan bercerita tentang bintang yang bersinar di desaku khususnya di sekolah tempat aku mengajar. Aku bertugas sebagai seorang guru di SDK Batumerah. Pertama kali aku mengajar, aku menemui beberapa murid yang masih belum lancar menulis, membaca dan berhitung salah satunya muridku sendiri yang duduk di kelas 2. Namanya Cundrat Simon Halono  atau bisa dipanggil Kuna. Tahun ajaran lalu, dia tidak naik ke kelas 3 sehingga harus mengulang di tahun ajaran ini.

Suatu ketika aku memberikan permainan papan ajaib di kelas 2 untuk mengukur sekaligus melatih kemampuan berhitung murid muridku. Semua murid sangat antusias bermain papan ajaib yang menggunakan dadu. Saat mereka melempar dadu, maka 2 mata dadu akan menunjukkan  2 angka yang harus mereka jumlahkan  dengan benar.  Namun masih banyak dari mereka yang  salah dalam menjumlahkannya, salah satunya muridku yang bernama Kuna masih lemah dalam berhitung. Meskipun salah dan selalu  kalah dalam permainan ini, tapi dia tetap semangat dan ingin mencoba terus menerus. Hingga ketika pulang sekolah dia mendekatiku sambil berkata

 “Ibu guru, beta nanti malam pi belajar ke rumah ibu guru ya”

Aku pun mengangguk tanda setuju untuk menemaninya belajar. Sejak saat itu, setiap malam si Kuna selalu ke rumah untuk memainkan papan ajaib sekaligus berlatih berhitung.  Lama kelamaan kemampuan berhitungnya meningkat hingga saat ini, dia sudah bisa  menjawab soal penjumlahan yang aku  berikan di kelas.

Tidak hanya bermain papan ajaib, aku juga mengajarinya membaca karena aku melihat dia belum bisa membaca bahkan menghafal huruf abjad pun juga belum bisa. Aku pun memberinya sebuah majalah dengan gambar menarik dan kalimat yang pendek sehingga dia tertarik untuk membacanya. Saat ini dia sudah mengenal semua huruf dan kemampuan membacanya juga sudah meningkat. Aku sangat bangga dengan kemajuan yang dia capai dalam 4 bulan ini. 

Ibarat sebuah bintang, dia sudah mulai bersinar dengan cahayanya. Aku percaya akan ada bintang-bintang selanjutnya yang akan bersinar dengan cahaya dan keunikannya sendiri. Karena mereka semua memiliki potensi.

 

Cerita Lainnya

Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran