Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Tri Sujarwo

Tri Sujarwo yang berdarah Jawa ini merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Lulusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (Unila) ini lahir dan besar di desa Ambarawa. Sebuah desa kecil di Kabupaten Pringsewu – Lampung, yang didominasi suku Jawa dengan aksen Ngapak. Walaupun demikian, ia terbiasa menggunakan Bahasa Lampung dalam keseharian.

Minat Jarwo pada kegiatan kebudayaan dan sosial kemasyarakatan. Hal inilah yang mengantarkan dirinya menjadi Duta Lampung dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Propinsi (BPAP) 2010 di Kalimantan Barat dan Banten. Selain itu, alumni Forum Indonesia Muda (FIM) ini juga pernah menjelajah nusantara dalam Program Kapal Pemuda Nusantara bertajuk Sail Morotai 2012 dan Sail Komodo 2013.

Peraih Juara I Moslem Broadcasting Competition Lampung ini juga banyak belajar mengenai kepemimpinan saat didaulat menjadi ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Lampung. Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) III FEB Unila 2011 ini juga pernah aktif di Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) KomSos Unila dan Lembaga Dakwah Kampus ROIS FEB Unila. Sebelum bergabung di Gerakan Indonesia Mengajar, Jarwo bekerja sebagai Jurnalis Lampung Post. Ia juga pernah menjadi penyiar @radio 101.1 FM dan MC di Lampung. Berkat kegigihannya ia diganjar menjadi Runner Up INA Award kategori Penyiar Radio Terfavorit Tingkat Nasional 2013.

Menjadi Pengajar Muda merupakan bentuk semangat yang dimilikinya untuk berbagi kebermanfaatan kepada anak-anak di wilayah terpencil Indonesia. Setahun ke depan Jarwo akan mengajar di Kepulauan Yapen, Papua.