info@indonesiamengajar.org (021) 7221570

Well.. I'm getting my lesson this year.. :) :)

Nila Ningtias 1 Maret 2011
Oke! Hari ini sy memang mau pergi ke tempat itu, tp apa mau dikata, tak bs menginap lah.... Jikalau sy menginap,kasian anak2 di sekolah yg slalu menantikan kehadiran sy di depan kelas utk mereka 'bully', huhu.. Mengharukan.. Tapi toh skg amunisi di dompet sy tinggal selembar,brwarna hijau dg gambar otto iskandar dinata lg nyengir! Bisa2 uang ini akan sy pigora sbg simbol keberhasilan sy menghemat sampai sisa duapuluh rebu utk bulan ini. Yg lainnya masih nangkring manis di atm peradaban sono,hoho.. Aihh..Hidup di desa itu mudah euy! Mau makan, eh eh tetangga dateng bawa bertandan-tandan pisang.. Pengen kolak, eh eh.. Tetangga dateng lagi bawa singkong segede-gede pacul (hiperbolis! Pdhal ya gak segede itu jg c...) *angguk angguk* pengen lalapan, ah sy kira sy bakal dikasi lalapan biji sawit dicocol ma saus getah karet, trnyataah.... Di belakang rumah ibu asuh ada kebun singkong yg daunnya bebas diambil sesuka hati, kpn aja, selama saya suka! Yeaaaayyy! *lompat kodok* cemilan??? Hoho.. Jgn takut... Apapun bs jd cemilan di tempat ini. Kepiawaian masyarakat sekitar menyulap bahan makanan yg tragis dimakan mentah2 bs jadi makanan zuuupeerrr wenak! Misalnya, sy pernah nyemil batang kelapa yg masih muda, rasanya maniiisss bgt! (ah, ini tentu saja berkah rindam 2 yg berhasil menyulap sy jd pemakan tumbuh-tumbuhan hutan selama 3 malam,tanpa mandi,tanpa-perlu-tahu-apa-itu-higienis-yg-penting-makaaann! Haha! Hell thx rindam 2! ) apa lagi??? Sayuran pahit?? Hoho... Jgn salah...Setahun disini bs2 saya betah nyemil obat pahit,haha.. Well... Perut saya kenyang, hati saya puas, alam sekitar memang gudang makanan terbaik yg pernah ada!! Ahaaayyy... *sebentar-sebentar, lalu bagaimana dg kondisi dompet sy yg meringis kismin?? Apakah jd sy pigora lembaran ijo bergambar Pak Otto lg nyengir?? Oowww... Tentu tidaaakk.... Akan sy gunakan sebaik2nya... Sampai ada org yg bs saya tumpangi bwt ke pusat peradaban. Memasok amunisi untuk 2 bulan ke depan, hahaaayyy... Sabar ya dompet sayaaangg... I'll pick up ur besties sooner or later... *cliinngg cliingg, main mata ma dompet,hehe.. ;) eh eh... Ada yg lupa.. Memang silaturahim itu bs ngebuka pintu rizki loohhh... Begitulah hujan dan kawanan anginnya... Di kampung sy, yg berpenduduk hny 1500 KK, tentu sangat mudah berkenalan dg satu keluarga dg keluarga lain. Bukan karena apa, selain isolasi tempat yg dibentengi hutan, orang2 disini sangat sadar pentingnya silaturahim dan gotong royong. Jauh dari peradaban membuat mereka saling menolong dan meneguhkan satu sama lain. Embrio gotong royong dan silaturahim ini tumbuh dari keterbatasan dan keisoliran. See?? Adversities teach us a lot! Hujan berkawan angin pun mampu menerbangkan biji2 dan segala benih tumbuhan ke seantero tanah di kampung ini, lalu tumbuh menjadi aneka tanaman yg menyenangkan! Menyenangkan kantong, menyenangkan perut, menyenangkan batin dan orang lain. Contohnya saja, saya tdk perlu repot beli sayur atau camilan karena para tetangga yg baik hati itu pasti dtg menolong dan memberi. Hahaaayy... Ada nikmat surgawi di kampung kecil yg sepi nan jaauuhhh ini.. Saat ada hajatan pun, tak perlu kebingungan cari orang bwt membantu. Masyarakat di desa ini dg senang hati datang dan bersibuk ria dg acara besar kita, mau kawinan, sunatan, akikah, apapun deh.Bahkan kemarin saat guru di SD saya pengen mindahin kandang yg cukup besar, beliau tinggal memanggil bbrapa orang dan org2 itu akan mengangkat kandang itu! Eh eh.. Nih beneran loh, kandangnya itu ukuran sekitar 5x4 meter, bentuknya kyk rumah, bahannya dari kayu, itu bener2 diangkat dan gotong-gotong gt.. Bener2 pindah 'rumah'! (errr...Sayang...Sy ndak pny fotonya, tp tmen sy pny kok, ntr q mintain deh,hehe) naaahhh... Bener kaann... Hidup di desa itu enak! Ya tapi tergantung kita jg c... Bagaimana adaptasi kita.. Dan ini pembelajaran yg ruuuaaarrr biasa bwt saya dan tentu saja rekan2 PM yg lain di kampungnya msing2. Apalagi saya yg selama ini hidup di kota. Saat mahasiswa pun terlalu sibuk dg kuliah-rapat-kuliah-rapat, jdnya mahasiswa 'kura-kura' deh.. Hehe.. Bergaul dg orang2 yg notabene pola pikirnya sangat sederhana dan hidup apa adanya, itu jd hal yg cukup kompleks. Saya kadang perlu waktu utk menyampaikan suatu maksud, mencari kalimat yg tepat agar mereka paham apa maksud saya dan tidak menyinggung mereka. Kalau sudah klik, kita bs ngobrol apa aja, becanda apa aja, first impression sangat berlaku disini. Dan kadang kompleksitas itu menjadi sangat rumit saat berbenturan dg ego masyarakat.. Weeewww... Yeeaahhh... Visi Bapak saya trnyata benar.. Setahun disini bs jadi pengalaman kepemimpinan yg sarat makna. Kehidupan saya tdk melulu sekolah dan rumah induk, tapi juga masyarakat dan segala sendi aktivitasnya. Pemimpin memang harus belajar tentang seluk beluk hal-hal abstrak dan kongret yg satu padu dg embrio kehidupan. Agar melahirkan 'manusia' yg layak disebut makhluk Allah yg sempurna,dg kurang-lebihnya jg keseimbangannya. Well.. I'm getting my lesson this year.. :) :)

Cerita Lainnya

Lihat Semua