Surahman

Pria lulusan Jurusan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2008 ini akrab dipanggil dengan nama Rahman. Rahman adalah angkatan 2008 yang menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3,5 tahun dengan predikat cum laude dan dinobatkan sebagai Wisudawan Terbaik Jurusan Pendidikan Biologi dan Terbaik II tahun 2012 FKIP UMM.

Sebelum bergabung dalam Indonesia Mengajar, Rahman aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan selama masa kuliahnya, diantaranya menjabat sebagai Kepala Departemen LITBANG dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi. Selain itu, Rahman aktif dalam UKM Kerohanian Jama’ah Ar Fachrudin, dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) UMM. Pada tahun 2010, Rahman pernah dipercaya manjadi koordinator pada acara International Biotechnology Seminar & 5th KBI Congress. Rahman juga pernah menjadi Asisten Laboratorium Biologii dan menjadi Asisten Koordinator pada beberapa mata kuliah praktikum.

Selain aktif dalam berbagai kegiatan di kampus, Rahmah juga mendapatkan banyak prestasi semasa kuliahnya. Ia pernah meraih beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, sebagai Penyaji Tingkat Nasional PKM-GT PIMNAS Tahun 2010 di Bali, Juara II LKTIM Bidang Pendidikan Tingkat Provinsi 2010, Juara II Program Kreativitas Mahasiswa Rektor Cup 2011, Juara II LKTIM Rektor Cup 2011, LKTIM 10 Besar IPA Tingkat Provinsi 2010, Pendanaan PKM-Penelitian DIKTI 2011, Pendanaan PKM-Teknologi DIKTI 2011, dan Reward Dikti PKM-GT 2010.

Semasa kecil, tepatnya saat menginjak bangku SD, Rahman pernah mendapatkan pengalaman bermakna dalam hidupnya sebagai salah satu korban konflik antar etnis di Sampit (2002), sehingga ia berkeinginan untuk menyuarakan, bahwa perpecahan yang terjadi hanya akan meninggalkan banyak korban dan kerugian, terutama bagi anak-anak dan dengan hidup damai, perbedaan yang ada akan menjadikan bangsa Indonesia lebih kaya dan kuat. 

Dengan memperoleh penempatan di Halmahera Selatan, tepatnya di Desa Papaloang, Rahman akan dengan mudah menanamkan nilai mulia ini pada masyarakat di daerah, di mana ia akan mengabdi dan membagi ilmu.


Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran