Ratih Eka Pertiwi

Ratih, alumni Fakultas Psikologi UGM ini mulai berkecimpung di dunia teater sejak kelas 1 SMP hingga tahun kedua di bangku kuliah. Selama kuliah, Ratih aktif di BPPM Psikomedia sebagai awak redaksi, kemudian menjabat sebagai editor dan sekretaris. Pada tahun 2008, bersama ketujuh temannya ia mendirikan PsyCHE (Psychology Creative Home of Edutainment), sebuah lembaga pelatihan dan pendidikan berbasis psikologi. Kemudian pada tahun 2010 menjadi asisten di Center for Public Mental Health di kampusnya.

Ratih pernah menjuarai Psychology Research Competition pada awal 2011 dan menjadi salah satu presenter dalam International Islamic Psychology Conference pada tahun yang sama. Gadis kelahiran Malang 9 Juli 23 tahun silam ini, juga pernah melaksanakan PKM bidang Pengabdian Masyarakat dengan mengadakan pelatihan relaksasi bagi siswa kelas IX untuk mengurangi tingkat kecemasan sebelum UAN. Salah satu pengalaman menarik bagi Ratih adalah keterlibatan dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara sebagai 10 besar kandidat putrid, yang membawanya menjadi salah satu Liaison Officer dalam ajang olahraga antarpelajar negara Asean, Asean Schools Games tahun 2012.

Pengalaman mengajar di TK, SD, SLB, dan TPA selama mengikuti Program KKN “Education for Sustainable Development” tahun 2010 menyadarkannya bahwa banyak potensi SDM luar biasa lahir dari tempat yang tidak terduga. Pengalaman ini memotivasinya untuk menemukan hal serupa sebagai bagian dari Gerakan Indonesia Mengajar. Ratih yakin bahwa ia akan menemukan banyak “rough diamonds” yang menunggu untuk diasah di berbagai penjuru tanah air.


Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran