Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Dika Marantika

Dika Marantika adalah perempuan berdarah Sunda yang lahir di kota Bandung. Anak kedua dari dua bersaudara ini menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Selama dikampus, Dika aktif berkegiatan di bidang sosial dan kemahasiswaan sebagai Kepala Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM Psikologi UI dan Deputi SALAM Palestine Center, SALAM UI.

Ketertarikannya terhadap dunia pendidikan menumbuhkan perhatiana terhadap perkembangan pendidikan yang mengarah pada prinsips dan konsep inklusif. Hal tersebut mendorongnya berkecimpung sebagai Pengajar sekaligus Koordinator Learning Development di salah satu sekolah swasta di Depok. Salah satu kontribusinya adalah merancang program dan kurikulum pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus dengan jenis hambatan yang beragam. Kesempatan menjadi Pengajar Muda memberinya peluang untuk mengembangkan dan mengaplikasikan konsep pendidikan inklusif dengan memahami hakikat setiap siswa sebagai pembelajar yang merdeka. Selama satu tahun ke depan, Dika ditempatkan sebagai Pengajar Muda di SDN Riam Talo, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.