Ajeng Tri Handini

Perempuan berdarah Jawa ini lahir dan besar di Jakarta. Ia menyelesaikan studinya di program studi Astronomi Institut Teknologi Bandung pada tahun 2010. Selama masa kuliah, Ia aktif pada berbagai organisasi kampus seperti Unit Marching Band Waditra Ganesha ITB dan Persatuan Sepakbola ITB. Kecintaannya pada musik dan olahraga terutama futsal dan sepakbola membawanya bergabung ke dalam dua unit tersebut.

Selain itu, Ia juga aktif pada kegiatan astronomi di Himpunan Mahasiswa Astronomi ITB dan pernah menjabat sebagai Sekretaris
Jenderal Himastron ITB. Menurutnya, dengan aktif di organisasi,
kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi akan berkembang dan itu sangat penting bagi jenjang kehidupan berikutnya.

Ajeng yang bergolongan darah AB ini juga aktif pada kegiatan Olimpiade Sains Nasional terutama di bidang Astronomi dan Kebumian. Pada OSN Astronomi 2009, Ia menjadi Asisten Juri bidang Observasi yang menuntutnya untuk ahli berkutat dengan teleskop. Ia juga menjadi pengajar pada pelatihan-pelatihan olimpiade daerah dan asisten pengajar pada pelatihan olimpiade internasional. Hal ini dilakukannya karena membuat dunianya dekat dengan anak-anak, bahkan hingga saat ini Ia masih sering berkomunikasi dengan beberapa anak didiknya yang tersebar di berbagai daerah.

Ketertarikannya pada anak-anak ini pula yang membuatnya bergabung di organisasi astronomi yang bernama UNAWE (Universe Awareness). UNAWE bertujuan mengenalkan sains melalui astronomi kepada anak-anak terutama anak-anak di daerah terpencil. Ia pun sudah menjelajah perbatasan Indonesia – Timor Timur bersama UNAWE dengan membawa misi perdamaian.


Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran