Indonesia Mengajar

Kabar Indonesia Mengajar

Migo Hadir Mendorong Perkembangan Pembelajaran Campuran yang Efektif di Masa Pandemi

Wed, 24 November 2021

Migo menjadi salah satu perusahaan yang tidak hanya berfokus pada bidang hiburan namun juga berinovasi dalam mendukung bidang pendidikan khususnya di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui Pelatihan Daring kolaborasi MIGO dengan Indonesia Mengajar yang mengangkat pembahasan “Pelatihan Pembelajaran Campuran (Blended Learning) di Masa Pandemi”. Kegiatan pelatihan ini dikelola oleh IM Learning Institute. 

Pelatihan daring ini telah sukses dilaksanakan dengan diikuti total 132 tenaga pengajar tingkat Sekolah Dasar yang tersebar di wilayah Aceh, Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, bahkan hingga Halmahera Selatan. Kelas yang diadakan pada hari Kamis, 4 November 2021 selama kurang lebih 150 menit yakni dari pukul 09.00 - 11.30 WIB melalui zoom meeting bertujuan untuk mempelajari mengenai pembelajaran campuran dan metode pengajaran yang dapat digunakan oleh peserta.

Didukung oleh fasilitator yang kompeten di bidangnya, yakni Patrick Samuel, seorang Learning and Development Consultant dan lima co-fasilitator lainnya, yakni Kak Ari, Kak Dilla, Kak Ahmad, Kak Firdaus, dan Kak Indah yang juga merupakan alumni dari Pengajar Muda, pelatihan menjadi interaktif dengan adanya games hingga diskusi kelompok terkait dengan pembelajaran campuran.

Kegiatan pelatihan dibuka dengan pemaparan materi dari Kak Patrick dilanjutkan dengan sesi aktivitas kelompok yang mendorong peserta untuk berdiskusi mengenai desain alur pembelajaran yang dapat dilakukan dengan mengkombinasikan jenis pembelajaran, metode, serta tools yang mendukung. Selama pelatihan berlangsung, peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi mulai dari keterlibatan pada saat materi dan diskusi kelompok.

Sebelum mengakhiri pelatihan, Kak Patrick mengajak para peserta untuk mengapresiasi diri dan fokus pada pembelajaran yang tersampaikan di antara kedua belah pihak ketika menghadapi pembelajaran campuran.

Melalui kolaborasi bersama MIGO, harapannya kita semua dapat beradaptasi atau menyesuaikan pola pengajaran yang menguntungkan baik untuk para pengajar dan para murid.
 

Ditulis oleh:

Virgie (Marketing Support Intern)


 

Ikut Iuran
Ikut terlibat dalam pendanaan Program Pengiriman Pengajar Muda ke berbagai titik di Indonesia.

Newsletter
Ingin mendapatkan pemberitahuan terkait kabar-kabar dari Indonesia Mengajar?

Berlangganan
Kabar Lainnya

Migo Hadir Mendorong Perkembangan Pembelajaran Campuran yang Efektif di Masa Pandemi
24 November 2021
KahfBro Untuk Negeri: Driving Your Potential to The Impactful Initiative
22 November 2021
#KahfBroUntukNegeri: Ekspresikan Kontribusi pada Pendidikan melalui Online Challenge
10 November 2021
Indonesia Mengajar: Masih dan Terus Berlayar
22 October 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I Pengajar Muda Angkatan XXII
16 October 2021
Calon Pengajar Muda XXI, 21aphadir bersama Nutrifood
15 September 2021
Seluruh Kabar