“Dorong anak Indonesia berani bercita-cita tinggi”

26 Juni 2011

Jakarta (26/06)– Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar dan Indika Energy Group menyambut baik kehadiran 303 finalis Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2011. Bahkan, dua orang siswa binaan Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar berhasil menjadi finalis setelah menyisihkan sekitar 82.000 peserta lain se-Indonesia.Kedua siswa tersebut masing-masing berasal dari daerah penempatan Pengajar Muda di Kabupaten Bengkalis, Riau dan Kabupaten Majene, Sulawesi.

  “Apa yang telah ditunjukkan oleh para siswa tersebut benar-benar membesarkan hati kita. Semangat untuk  mencintai ilmu pengetahuan dan alam sekitarnya berhasil dipupuk oleh para Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar. Ini membuktikan bahwa Gerakan Indonesia Mengajar telah melangkah di jalur yang  tepat dalam mewujudkan janji kemerdekaan: mencerdaskan kehidupan bangsa. Mari kita jaga momentum yang baik ini untuk terus mencintai dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia agar mereka berani bercita-cita tinggi,” ujar Anies Baswedan, pendiri dan Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.

Keberangkatan dua orang finalis dari pelosok Majene, Sulawesi Barat dan Bengkalis, Riau tersebut didukung sepenuhnya oleh mitra program utama Gerakan Indonesia Mengajar, Indika Energy Group. Kelompok usaha ini telah mendukung Gerakan Indonesia Mengajar sejak masih berupa gagasan.

M. Arsjad Rasjid P.M, Presiden Direktur Indika Energy Group, mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian para siswa dan Pengajar Muda tersebut. “Kami selalu percaya bahwa masa depan Indonesia ada pada generasi muda yang cemerlang dan memiliki semangat tinggi untuk maju. Pencapaian para siswa binaan Pengajar Muda tersebut benar-benar torehan penting bagi inisiatif ini. Semoga, inspirasi yang dibagikan para Pengajar Muda akan semakin mempercepat pemerataan peningkatan mutu manusia Indonesia,” ujar Arsjad.  

Rico Rustombi, Group Chief of Corporate Affairs PT. Indika Energy, Tbk. menambahkan, “Kami senang karena dukungan Indika Energy group mulai menunjukkan hasilnya. Sejak Gerakan Indonesia Mengajar masih berupa gagasan, kami terus mendukung bukan sebatas pada memenuhi kewajiban sosial, melainkan merupakan rasa tanggung jawab untuk ikut andil membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Semoga, di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak prestasi yang diukirkan anak muda Indonesia, termasuk di daerah-daerah penempatan para Pengajar Muda.”  

“Kami selalu mensyukuri setiap langkah kami. Bahkan, ketika lebih dari 200 siswa binaan para Pengajar Muda di lima kabupaten bisa melaju ke semifinal, kami sudah sangat bersyukur. Harapan kami, partisipasi siswa binaan para Pengajar Muda di babak final OSK ini adalah awal keberhasilan-keberhasilan berikutnya,” ujar Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Mengajar, Hikmat Hardono.  

Bagus Arya Wirapati (Roy), Pengajar Muda di Kabupaten Bengkalis, Riau, mengaku terkesan dengan murid binaannya, Sabariah (12 thn), siswa kelas VI SDN 28 Pangkalan Nyirih di Pulau Rupat, Ria sebagai siswa pertama SD tersebut yang yang melaju ke babak final Olimpiade Sains Kuark. “Meskipun pendiam, Sabariah sangat tekun. Dia bisa mengerjakan soal dan eksperimen sains dengan gembira. Tugas kita selalu pendidik dan generasi yang lebih dewasa adalah menjaga dan mengembangkan bakat mereka,” tegasnya.  

Sementara, Erwin Puspaningtyas Irjayanti (Wiwin), Pengajar Muda di Kabupaten Majene, menyatakan, “Olimpiade Sains Kuark ini menunjukkan bahwa “mutiara terpendam” itu tersebar di seluruh Indonesia. Banyak anak-anak berbakat di penjuru negeri yang harus kita asah bersama-sama. Semangat itulah yang membuat para Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar merasa bahwa prestasi M. Dani Assegaf (8 tahun), siswa kelas 2 SDN III Somba, Kec. Sendana, Sulawesi Barat serta Sabariah dari Pulau Rupat, Riau adalah buah perjuangan dan doa kita bersama.”

 

Untuk informasi selanjutnya, silakan hubungi:  

Kiki Otto Kurniawan, Assistant Vice President Corporate Affairs, PT Indika Energy Tbk., | T: 08111992058 | Email: kiki.kurniawan@indikaenergy.co.id

Safira Ganis, Staf Kemitraan, Indonesia Mengajar | T. 08128192382 | Email: safira@indonesiamengajar.org


Kabar Lainnya

Lihat Semua