It feels more than Genius!

Nila Ningtias 1 Maret 2011

Einstein bilang sama saya,'kamu belum jenius kalau kamu belum bisa membuat anak berumur 6 tahun mengerti apa yg kamu ucapkan'. Saya mikir sih, ngajak ngobrol anak kecil itu emang gampang gampang susah, bahasa anak itu bahasa permainan, lha saya udah ga doyan lagi mainan (exceptional thing, maenan hape ma internetan :p). Pas diajakin ngobrol ttg mainan atau sgala kesukaan mereka kyk jajanan en pilem kartun, makhluk2 imut ini emang langsung nyambung dg mata berbinar-binar. Huwwaaa... Feels like heaven see their brightest eyes... *cliingg cliinng*tapi bukan itu masalahnya...Masalahnya adalah saat yg diobrolin itu adalah matematika! Mendadak ramuan angka dan tanda bilangan jadi semacam maling yg menjambret secara paksa keceriaan dari wajah lucu bocah2 imut ini..errrr... Gak heran sampai berabad abad matematika selalu disejajarkan dg tokoh antagonis dunia per-sekolah-esde-an. Hhaahh.... Dan sy pun mengalami saat kudu mengenalkan 'tokoh antagonis' ini . Tragis emang... Dilematis... Membuat matematika menjadi hal yg menyenangkan dan menggembirakan utk anak2 lucu ini memang butuh perjuangan ekstra. Mulai dari searching di internet yg trnyta blm cukup practical bwt murid2ku, konsul ke trainer math yg menyarankan bikin matrikulasi, obrak abrik toko buku nyari buku ttg mengajar kreatif yg ga dapet2 jg mpe skg, mpe akhirnya sy sadar ngajar math itu kudu konkrit alias kudu-wajib-musti- ada peraganya! Bocah2 ini butuh visualisasi yg bisa bikin nalar mereka nyambung sm konsepnya. Mereka harus bs megang dan merasakan 'benda' yg disebut matematika ini. Mereka harus mengeksplor dulu 'benda' ini, wujud dan maksud keberadaan benda ini penting bgt bwt mereka pahami. Konkrit! That's the point! Noted. Oke, skg sy sudah berhasil nemuin buku ajar math yg kreatif! Keluaran thn 2000-an. Baru kemarin lusa sy ngedapetin buku ini. Ada 5 buku, masing2 ttg pembagian,perkalian,pecahan,desimal dan pengukuran. Semuanya masuk kategori konsep dasar yg kudu dikuasai bocah esde. Udah dua hari ini saya baca2 buku2 ini, kontennya sangat sangat menggiurkan. Saya bahkan sampai bs memvisualisasikan dalam proyektor otak saya yg terpampang jelas di layar retina bagaimana jadinya kalau sy pakai buku2 ini dlm urusan pedagogis sy di sekolah. Mendadak sy inget, bbrpa metode udh prnah sy coba, bocah2 ini ngerti konsepnya, tp begitu masuk operasi hitungnya mereka langsung blank lg. Ooohhh Goosshhh.... Saya pun lg2 introspeksi,koreksi,refleksi, dan si-si-si lainnya. Apa ya?? Apa bahasa saya yg kurang mereka pahami? Oke, saya coba dg bahasa anak kecil, bahasa yg lebih practical. Well, they got it! Emang c waktu ngitung mereka masih suka salah2, itu pun krn mereka kurang teliti aja... Tapi saya sangat suka dan sangat menikmati saat mereka berusaha menyelesaikan soal2 hitungan itu, walaupun kdg mereka merengek-rengek sulit sampai ada bbrapa anak yg ngambek, tp stlh pelan2 saya coba dampingi mereka, saya tuntun mereka dg bahasa yg lbh praktis, mereka mulai mau berusaha menghitung lagi. Contohnya penjumlahan pecahan. Stepnya jelas, penyebut kudu disamain dulu. Disamain pake kpk fpb gt. Tp wktu sy bilang kpk fpb, bocah2 ini malah tambah mumet. Akhirnya saya coba jelaskan pakai cara dan bahasa yg menurut sy mudah. Sy bilang pd mereka, "misalnya penyebutnya 2 dan 3, kalian tulis secara berurutan hasil perkalian 2 dan hasil perkalian 3. Setelah itu lingkari angka yg sama pd hasil perkalian. Angka itu harus lebih besar dari 2 dan 3 agar bisa dibagi." saat menyampaikan ini, saya sambil menuliskan di papan hasil perkalian 2 dan 3. Lalu saya lingkari juga angka yg sama. Saya juga melontarkan prtanyaan2 pancingan seperti "6, sama2 ada di perkalian 2 dan 3?" anak-anak pasti kompak jawab "adaaaa boooo". Lalu saya lingkari angka 6 dg spidol berwarna lain. "12, sama2 ada atau tidak?", mereka jawab "adaaaaa booo". Lalu saya lingkari angka 12. Kemudian saya pancing mereka untuk menyebutkan lagi angka2 yg sama pd hasil perkalian 2 dan 3. Setelah mereka bersahutan menyebutkan dan saya melingkari, saya ajukan lagi prtanyaan pancingan. "naahh, skg, mau pakai angka yg mana utk penyebutnya?". Mereka berpikir, jawaban bermacam2, pd anak yg menyebutkan angka 6,sy tanyakan kembali knp 6, dia bilang "kan pakai yg mana aja sm aja kak,klo 6 biar hasilnya kecil,jd gampang dihitung",noted! Kelas pun setuju dg alasan si anak td. Sampai disini saya ulangi lagi ttg step mengerjakan penjumlahan pecahan. Nah.. Dg tanpa menyebutkan apa itu kpk fpb, mrka trnyta mudah memahami. Bahasa anak2 emang kudu simple dan praktis. Di jaman yg serba rumit ini,secanggih apapun kalimat kita,kalo anak kecil ndk paham bs bikin senewen jg -----> ini kyknya sangat berlaku buat para guru dan penggiat pendidikan. Tapi toh akhirnya sesuatu yg sulit itu bs jd mudah saat kita paham apa maksudnya dg bahasa kita sndiri.Well, thx einstein.Sy mungkin blm sejenius anda,tp sy puas saat bs membuat murid2 sy paham. It feels more than Genius! Hoho.. *aiiihhh..nyombong euy!maap mbah einstein,kpn lg bs nyombong ke ente,skaligus terapi cuci-otak ane klo ane pasti bs bikin bocah2 ini paham math! walopun butuh proses yg cukup mbelibet,hehe.. *


Cerita Lainnya

Lihat Semua