Ekshibisi Problematika Dusun

Herdimas Anggara 26 September 2013

Mohon abaikan judul yang pretensius di atas dan kerjakan soal-soal di bawah ini dengan angan-angan kalian. Dahulukan menjawab soal yang kalian anggap mudah. Kemudian setelah selesai menjawab, periksa kembali hasil jawaban kalian sebelum diserahkan kepada pengawas yang notabene merupakan pengajar muda yang kebingungan.

PKn

Dalam suatu diskusi warga dusun untuk pembagian daging rusa, terjadi perselisihan pendapat perihal siapa yang berhak mendapatkan bagian lebih banyak. Masing-masing warga dusun bersikeras untuk mempertahankan pendapatnya dan apabila dibiarkan akan terjadi perkelahian. Apa yang harus dilakukan oleh pengajar muda yang tidak tahu duduk perkaranya secara jelas karena baru saja datang dan tiba-tiba ditunjuk oleh warga untuk menjadi mediator? (Poin: 20)

Bahasa Indonesia

Tanggal 17 Agustus telah tiba dan pada tanggal tersebut SDN Inpres Baku memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Untuk memeriahkan hari jadi tersebut, SDN Inpres Baku berniat mengadakan perlombaan yang variatif. Sayangnya, kepala sekolah tidak mengizinkan acara tersebut karena menurutnya akan membuang-buang dana BOS (Biaya Operasional Sekolah). Apa kalimat ajakan yang tepat untuk mengubah pikiran kepala sekolah sehingga beliau mengizinkan adanya perlombaan pada tanggal 17 Agustus? (Petunjuk: Dana BOS beliau pakai untuk kepentingannya sendiri.) (Poin: 20)

Matematika

Persediaan beras yang akan didistribusikan oleh kepala dusun kepada warga adalah 1.350 kg. Setelah itu, kepala dusun mendapatkan beras lagi dari UPT kecamatan sebanyak 75 karung dengan berat 60 kg setiap karungnya. Beras yang berhasil didistribusikan sebanyak 5.000 kg. Berapakah sisa beras yang belum didistribusikan dan siapakah dalang yang membuat pengajar muda kebingungan mengatasi sengketa ini? (Poin: 20)

IPS

Globalisasi terjadi dengan sangat cepat. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Televisi, telepon, dan internet menjadi senjata ampuh penyebaran globalisasi. Dampak yang ditimbulkanpun ada yang positif dan ada yang negatif. Bagaimana cara pengajar muda menyalurkan pengaruh positif dari teknologi di tempat yang akses untuk mendapatkan sinyal saja sulit? (Poin: 20)

IPA

Pada saat aki digunakan, terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Ketika aki mengalirkan arus listrik, kemampuan aki menjadi berkurang. Hal ini terjadi karena lapisan timbal dan timbal peroksida sedikit demi sedikit berubah menjadi timbal sulfat. Mengapa pengajar muda yang kebetulan dari jurusan Teknik Kimia baru mengetahui pelajaran kelas VI SD tersebut? Menyedihkan. (Poin: 20)

Bonus

Banyak situs-situs yang pengajar muda ingin lihat sebagai sumber informasi tambahan dalam memberikan pengetahuan kepada murid-muridnya mulai dari Explain Like I'm Five hingga PBS Idea Channel. Sayangnya, pengajar muda hanya memiliki kesempatan satu bulan sekali untuk mendapatkan akses internet yang cepat, yakni saat berada di kabupaten untuk sesekali berkoordinasi dengan pengajar muda yang lain. Apa yang pengajar muda bisa lakukan untuk mengatasi masalah ini dan bukan menumpahkannya ke dalam blog post? Berikan alasannya melalui kolom komentar! (Poin: i)

Dilarang mencontek dan pinjam-meminjam alat tulis. Selamat mengerjakan.


Cerita Lainnya

Lihat Semua