Tentang Pengajar Muda

Pengajar Muda adalah generasi muda terbaik bangsa yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar untuk mengabdi di masyarakat sebagai guru di pelosok Indonesia selama 1 (satu) tahun.

Mengapa Pengajar Muda?

Selain diharapkan akan membantu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan, Pengajar Muda akan belajar kepemimpinan di daerah penempatannya agar mereka memiliki kompetensi kelas dunia sekaligus pemahaman yang utuh terhadap masyarakat akar rumput.

Indonesia Mengajar sangat percaya bahwa kualitas pendidikan sangat terkait erat dengan kualitas tenaga pengajar. Oleh karena itu, gerakan ini menantang calon pemimpin masa depan bangsa ini untuk menjadi Pengajar Muda.

Di daerah penempatannya, dengan berbagai pengalamannya, diharapkan para PM dapat membagi inspirasi kepada siswa-siswinya dan menjadi jendela kemajuan kepada generasi harapan bangsa Indonesia yang selama ini jauh dari pusat-pusat pertumbuhan negeri ini. Di sana, mereka akan memiliki saudara-saudara baru. Persaudaraan itu akan semakin merajut tenun kebangsaan Indonesia.

Setelah mereka kembali dari daerah penempatannya, diharapkan para PM akan berkarir di bidangnya masing-masing. Bukankah Indonesia akan semakin sejahtera apabila kelak sejumlah tokoh kunci di berbagai bidang: BUMN, swasta, pemerintahan, lembaga penelitian, dan lainnya diisi oleh figur-figur yang peduli pendidikan? Mereka akan sangat memahami realitas masyarakat Indonesia, karena mereka adalah bagian tak terpisahkan masyarakat.

Pengalaman sebagai Pengajar Muda selama setahun bukan hanya menginspirasi generasi harapan Indonesia di daerah penempatan, melainkan juga menjadi sarana belajar anak-anak muda itu untuk semakin meresapi Indonesia.

Ikuti berita terbaru seputar pendaftaran Pengajar Muda di Twitter dan Instagram Pengajar Muda.

Kisah Pengajar Muda

Apa Kata Mereka

 

 

 

Ayu Kartika Dewi

Pengajar Muda I Kabupaten Halmahera Selatan & Alumni Master of Business Administration Duke University's Fuqua School of Business

Setahun menjadi Pengajar Muda mengajarkan saya kerendahan hati; bahwa selalu ada langit di atas langit, dan bahwa cara terbaik untuk belajar adalah dengan bertanya.

Setahun tinggal di ujung Nusantara mengingatkan saya untuk selalu percaya bahwa masih banyak orang baik di negeri ini, bahwa kita semua harus melakukan sesuatu untuk Indonesia.

 

 

Dedi Kusuma Wijaya

Pengajar Muda II Kabupaten Maluku Tenggara Barat & Alumni Master of Science in Human Resource Management University of Edinburgh Business School

Jadi Pengajar Muda membuatku mengenal Indonesia seutuhnya. Dengan hidup di desa saya jadi tahu bahwa Indonesia tak sebatas kehidupan kota yang kujalani atau berita yang kubaca.

Kamu harus jadi Pengajar Muda karena untuk menghasilkan karya yang besar bagi Indonesia, kamu harus sungguh mengenalnya terlebih dahulu.

 

Lihat Profil Pengajar Muda

 

Baca Cerita Pengajar Muda