Gabung Jadi Relawan!

Sejak pertama kali mengirimkan Pengajar Muda pada tiga tahun lalu, Gerakan Indonesia Mengajar menjadi saksi bahwa di ujung-ujung republik, ribuan orang terus bekerja dengan rendah hati menopang pendidikan untuk ikut membangun negeri ini. Kami bersaksi atas ribuan guru, kepala sekolah, pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tentara perbatasan, dokter daerah terpencil dan barisan orang lain yang tetap bekerja dengan penuh semangat demi generasi masa depan kita.

Di kota-kota besar, publik pun tergerak untuk turut serta dalam roda perubahan. Ayo gabung jadi Relawan Gerakan Indonesia Mengajar!


Logo Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar
Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi (KI) mengajak kaum profesional berkontribusi dalam dunia pendidikan. Inspirator – sebutan relawan profesional KI– hadir di depan kelas bercerita tentang kecintaan mereka terhadap ilmu, pekerjaan, dan kontribusi mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Logo Ruang Berbagi Ilmu Indonesia Mengajar
Ruang Berbagi Ilmu

Peningkatan kapasitas diri pada guru dan penggerak pendidikan dalam memajukan pendidikan di daerah merupakan harapan banyak pihak. Ruang Berbagi Ilmu (RUBI) diinisiasi di Festival Gerakan Indonesia Mengajar 2015 sebagai salah satu wahana aktifitas yang bertujuan meningkatkan kapasitas penggerak pendidikan daerah melalui pelatihan dan pendampingan untuk berbagai tema materi.

Logo Taman Teman Bermain Indonesia Mengajar
Taman Teman Bermain

Taman Teman Bermain merupakan wadah yang mengajak keterlibatan relawan dan organisasi lain untuk saling berbagi dengan warga di lingkungan terdekat. Dimulai dari awal tahun 2018, kegiatan di Taman Teman Bermain (TTB) mengajak publik untuk saling berbagi di lingkungan terdekatnya.

Logo Tembokpedia Indonesia Mengajar
Tembokpedia

#TembokPedia merupakan gerakan kerelawananan yang mengajak semua pihak untuk terlibat aktif dalam membentuk karakter baik anak usia sekolah dasar di seluruh Indonesia. Selama satu hari, para relawan diajak untuk menggambar dan mewarnai tembok kampung bersama anak-anak tentang sebuah pesan baik yang sesuai dengan konteks sosial dimana tempat anak tinggal.


Program Relawan

Indonesia Mengajar tidak pernah bekerja sendirian. Gerakan ini juga membuka kesempatan agar masyarakat bisa terlibat langsung dalam berbagai program.

Relawan bisa berkontribusi menjadi Komite Sosialisasi, Asesor Pedagogi, dan dokumentator dalam jangka waktu tertentu. Komite Rekrutmen bertugas menjaring lulusan terbaik bangsa untuk menjadi Pengajar Muda. Asesor Pedagogi adalah pendamping Calon Pengajar Muda ketika melakukan Praktek Pengalaman Mengajar saat fase pelatihan. Program terbaru yaitu relawan dokumentasi, sebagai perekam jejak perjalanan Indonesia Mengajar.