Ayo jadi Relawan

Mari terlibat langsung dalam kegiatan seperti Kelas Inspirasi, Ruang Berbagi Ilmu, Ruang Belajar, dan berbagai aktivitas lain yang bisa jadi Anda yang menginisiasinya.

Gabung Jadi Relawan!

Masukkan email Anda untuk menerima info terkini seputar kegiatan kami

Sejak pertama kali mengirimkan Pengajar Muda pada tiga tahun lalu, Gerakan Indonesia Mengajar menjadi saksi bahwa di ujung-ujung republik, ribuan orang terus bekerja dengan rendah hati menopang pendidikan untuk ikut membangun negeri ini. Kami  bersaksi atas ribuan guru, kepala sekolah, pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tentara perbatasan, dokter daerah terpencil dan barisan orang lain yang tetap bekerja dengan penuh semangat demi generasi masa depan kita.

Di kota-kota besar, publik pun tergerak untuk turut serta dalam roda perubahan. Ayo gabung jadi Relawan Gerakan Indonesia Mengajar!

Kelas Inspirasi

Festival GIM

Indonesia Menyala

Program Relawan

12.734

10.596

149

194

 

KELAS INSPIRASI

Kelas Inspirasi (KI) mengajak kaum profesional berkontribusi dalam dunia pendidikan. Inspirator – sebutan relawan profesional KI– hadir di depan kelas bercerita tentang kecintaan mereka terhadap ilmu, pekerjaan, dan kontribusi mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Sejak pertama kali terlaksana 25 April 2012, KI telah menjamur di lebih seratus kota. Belasan ribu relawan panitia dan profesional terlibat menjaga gerakan ini terus tumbuh dan berkembang semakin besar.

 

 

FESTIVAL GERAKAN INDONESIA MENGAJAR

Pada tahun 2013, Festival Gerakan indonesia Mengajar (FGIM) diadakan pertama kalinya. Ribuan relawan berkumpul di Ancol selama dua hari di tanggal 5-6 Oktober untuk membuat media belajar dan menjadi teman belajar bagi puluhan ribu siswa di 127 SD yang berlokasi di 17 kabupaten dari Aceh sampai Papua.

FGIM 2015 kembali dilaksanakan sepanjang tahun 2015 di 17 kabupaten penempatan Pengajar Muda Indonesia Mengajar dari Aceh sampai Papua via 6 wahana aktivitas.

Sampai saat ini FGIM tumbuh organik, semakin masif dengan pilihan tema yang semakin menarik. Ruang Berbagi Ilmu adalah salah satu wahana di FGIM 2015 yang telah berkembang menjadi inisiatif mandiri Gerakan Indonesia Mengajar.

Dalam dua kali penyelenggaraan, FGIM telah mengirimkan hampir 70 ribu media ajar dan menjaring lebih dari 10 ribu pendaftar narasumber.

 

 

RUANG BERBAGI ILMU

Peningkatan kapasitas diri pada guru dan penggerak pendidikan dalam memajukan pendidikan di daerah merupakan harapan banyak pihak. Ruang Berbagi Ilmu (RUBI) diinisiasi di Festival Gerakan Indonesia Mengajar 2015 sebagai salah satu wahana aktifitas yang bertujuan meningkatkan kapasitas penggerak pendidikan daerah melalui pelatihan dan pendampingan untuk berbagai tema materi.

Berbentuk seperti training for trainers, RUBI mengajak para profesional untuk mendaftar menjadi narasumber, hadir di daerah, dan berbagi ilmu dengan para guru dan penggerak pendidikan di daerah.

 

 

RUANG BELAJAR

Ruang Belajar (Rubel) adalah wadah yang mendokumentasikan metode-metode mengajar kreatif dari penjuru Nusantara dalam portal belajar.indonesiamengajar.org. Hingga kini, ada ratusan tulisan metode mengajar kreatif di portal Ruang Belajar dengan rerata kunjungan sekitar 40 ribu kali perbulannya.

Kami mengajak Anda untuk bergabung menjadi relawan Sahabat Rubel dan bersama-sama membuat metode belajar kreatif ini dapat dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak guru-guru di berbagai daerah Indonesia.

 

 

INDONESIA MENYALA

Indonesia Menyala ada untuk menciptakan perilaku membaca hingga menjadi budaya. Penyala – sebutan relawan Indonesia Menyala- tersebar di Yogyakarta, Makassar, Lampung, Bandung, Solo, Aceh, Balikpapan dan kota lain.

Penyala bergerak menyediakan buku di desa penempatan Pengajar Muda. Proses pengumpulan buku dikemas dalam acara “Pack Your Spirit” (PYS). Puluhan ribu buku tersebar ke berbagai pelosok negeri. Ada pula relawan yang membiayai ongkos langganan majalah anak-anak.

Kerja keras relawan memicu penduduk lokal berbuat lebih banyak. Masyarakat memberikan dukungan dengan menyediakan tempat belajar, menemani anak-anak membaca buku, menceritakan dongeng atau mengunjungi perpustakaan.

 

PROGRAM RELAWAN

Indonesia Mengajar tidak pernah bekerja sendirian. Gerakan ini juga membuka kesempatan agar masyarakat bisa terlibat langsung dalam berbagai program.

Relawan bisa berkontribusi menjadi Komite Sosialisasi, Asesor Pedagogi, dan dokumentator dalam jangka waktu tertentu. Komite Rekrutmen bertugas menjaring lulusan terbaik bangsa untuk menjadi Pengajar Muda. Asesor Pedagogi adalah pendamping Calon Pengajar Muda ketika melakukan Praktek Pengalaman Mengajar saat fase pelatihan. Program terbaru yaitu relawan dokumentasi, sebagai perekam jejak perjalanan Indonesia Mengajar.

Penawaran ini dibuka untuk umum dan alumni.

Selengkapnya:
Ayu Apriyanti (relawan@indonesiamengajar.org)

Testimoni Relawan

 

“Dengan ikut KI, saya merasakan bahwa mengajar dan berbuat baik itu membahagiakan. Bisa bertemu banyak dengan latar belakang yang berbeda, membuat jejaring baru, belajar dari mereka, melihat lebih dekat dunia pendidikan di lapangan dan bersama-sama memiliki beritikad baik dan bersedia gotong-royong membuat perubahan demi pendidikan tanpa diperintah, tanpa dibayar dan tanpa mengeluh tentunya. Hal-hal baik pun bisa menular dan meluas. Kamu mau juga kan menjadi bagian itu?”

 

Nalendra Wiryawan
Relawan Kelas Inspirasi dari tahun 2013

 

“Saya pribadi berpandangan bahwa manusia perlu mengetahui banyak hal untuk memperluas cakrawala pengetahuannya. Salah satu caranya adalah dengan membaca. Saya juga berkeyakinan bahwa generasi muda di segala zaman akan mampu menciptakan masa depan yang lebih baik kalau kita ikut berpartisipasi mengarahkan cita-cita mereka agar membumbung tinggi dan membantu mereka untuk meraihnya. Kesamaan pandangan dan keyakinan inilah yang menarik saya untuk menyelami Indonesia Menyala lebih dalam.”

 

Satwika
Relawan Indonesia Menyala