Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Bayu Cakra Buana (cakra)

Bila pengetahuan itu cahaya, bijakkah kita menahan cahaya untuk diri kita sendiri, sementara yang lain tersandung ditengah malam?

Bayu sejak kecil sangat tertarik terhadap sains, hingga akhirnya mendapatkan gelar sebagai sarjana sains di bidang biokimia. Lulus dari IPB sempat bekerja sebagai Application Specialist Fermentation Technology. Selama kulah dia pernah diamanahkan sebagai ketua divisi Research and Education di humpunan mahasiswa biokimia dan Ketua divisi sosial lingkungan di Tanoto Scholar Association IPB (TSA IPB).

Bayu bersama TSA IPB melakukan kegiatan bina desa di kampung kahuripan, Bogor. Kegiatan tersebut berkisar kegiatan pembelajaran materi sekolah, gaya hidup sehat, budaya tertib dan bangga sebagai masyarakat tani. Bagi dia mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan kewajiban bagi tiap insan yang berilmu. Melalui jalan sebagai Pengajar Muda dia berharap dapat memercikan api pengetahuan dan membangunkan lentera yang tertidur. Dengan izin Tuhan, selama setahun kedepan Dia akan bertugas di SDN 003 Trans, Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna.