Tim Indonesia Mengajar

Orang-orang di balik layar yang senantiasa menjaga agar Gerakan Indonesia Mengajar terus berkembang

Rizki Amelia Fitriyani

Program Officer

Sejak duduk di bangku perkuliahan, Rizki Amelia Fitriyani akrab dipanggil Kimel. Ia lahir di Klaten, 29 Maret 1992. Sejak lahir hingga SMA, ia tumbuh dan berkembang di kota yang terletak antara kota Yogyakarta dan Surakarta tersebut. Memasuki bangku perkuliahan, ia mantap untuk menjalani kehidupan perkuliahan dan perjalanan sebagai seorang mahasiswi di jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia. Setelah menyelesaikan studinya dan menyandang gelar sarjana dengan predikat cumlaude pada Agustus 2014, ia menorehkan pengalaman kerja pertama di Indonesia Mengajar sebagai bagian dari Officer Development Program (ODP).

Sejak kecil, ia senang membayangkan dirinya berjalan-jalan keliling Indonesia dan dunia. Maka dari itu, saat kelas 5 SD ia hafal negara-negara di dunia beserta ibukota maupun mata uangnya. Selain itu, sewaktu kecil, ia rajin menghafal nama kota dan plat nomor dari Sabang hingga Merauke. Kecintaannya terhadap seni pun terpupuk dari kecil. Ia terjun beberapa kali dalam perlombaan tari tradisional di SD, SMP maupun SMA. Tahun 2011, ia turut serta dalam misi kebudayaan Du Sud Festival di Prancis, Spanyol dan Portugal selama 1,5 bulan. Tahun 2013, melalui paper tentang edukasi tari tradisional, ia membawa timnya pada keberhasilan membuat permainan edukasi tari dengan media ular tangga dan meraih posisi pertama tingkat nasional di Communication Student Summit, Universitas Airlangga, Surabaya. Sejak 2011 hingga kini, ia aktif dalam dunia seni tari dan pertunjukan, baik di depan layar maupun tim produksi.

Selain itu, sejalan dengan passionnya di bidang komunikasi dan media, ia merupakan 1 dari 72 anak muda terpilih dari Asia-Pasifik untuk mengikuti Global Media Forum dan Asia-Pacific Youth Training on Media and Civic Participation tahun 2014 yang diselenggarakan oleh UNESCO. Dari segala hal yang telah dan sedang ia jalani, ia percaya bahwa victory loves preparation.