Tim Indonesia Mengajar

Orang-orang di balik layar yang senantiasa menjaga agar Gerakan Indonesia Mengajar terus berkembang

Agi Ayu Nurdianta Barus

Data Center & IT Officer

Lulusan Teknik Informatika Universitas Malikussaleh ini kerap disapa Agi. Menghabiskan sebagian besar hidupnya di Kota Medan tidak lantas membuatnya puas. Ia memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mempelajari banyak hal yang sulit ditemukan di kampung halamannya.

Semasa kuliah Agi aktif mengikuti kegiatan di kampus mau pun luar kampus yang mengantarkannya menjadi salah satu penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik. Sebelum bergabung di divisi General Affairs sebagai Data Center and IT Officer, gadis berdarah karo ini sempat menjalani program internship selama tiga bulan di divisi Partner Engagement.

Meski menempuh pendidikan dibidang eksakta namun pada akhirnya menjelang akhir masa kuliah ia menyadari bahwa minatnya justru pada bidang sosial terutama pada isu-isu yang berkaitan dengan anak dan pendidikan. Maka dari itu selepas menyelesaikan kuliah ia sempat bersama teman-temannya menggerakkan komunitas yang berkaitan dengan dunia pendidikan anak marjinal di Kota Binjai.

Menjadi bagian dari keluarga Indonesia Mengajar membuatnya semakin percaya bahwa “anak dan pendidikan” adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan, dan merupakan aset bagi sebuah bangsa.