Kemitraan

 

Memajukan pendidikan adalah tanggung jawab kita semua. Gerakan Indonesia Mengajar mengapresiasi siapa saja yang peduli terhadap Indonesia yang lebih baik dan mengulurkan tangan untuk bergandengan tangan memajukan pendidikan bangsa.  

Sponsor Utama

Bank Negara Indonesia

 

Berdiri sejak tahun 1946, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk merupakan bank pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia. Salah satu dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang perbankan ini, memiliki berbagai kegiatan tanggung jawab sosial, termasuk pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dimandatkan bagi sebuah BUMN. Di bidang pendidikan, PT Bank Negara Indonesia memiliki kepedulian terhadap pendidikan di ujung-ujung nusantara. Bersama Indonesia Mengajar, sejak November 2012, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ikut serta mengirimkan Pengajar Muda ke 46 sekolah dasar di 6 Kabupaten yang berada di garis terluar republik, yaitu Bengkalis (Riau), Kapuas Hulu (Kalimantan Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Rote Ndao (Nusa Tenggara Timur), Maluku Tenggara Barat (Maluku), dan Sangihe (Sulawesi Utara).

Chevron Pacific Indonesia

 

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan perusahaan produsen minyak terbesar di Indonesia. Selama lebih dari 80 tahun, CPI tidak hanya melakukan kegiatan produksi minyak di beberapa kawasan di Indonesia  tetapi juga berbagai kegiatan sosial yang diinisiasi oleh semangat gotong royong bersama  masyarakat. Semangat gotong royong ini pula yang dibawa oleh CPI yang bersama SKK Migas, pada tahun 2013 mendukung Indonesia Mengajar untuk mengirimkan Pengajar Muda ke daerah. Bersama Indonesia Mengajar, CPI turut mendukung pengiriman 7 Pengajar Muda untuk mengabdi selama 1 tahun di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Indika Energy

 

Indika Group, yang terdiri dari Indika Energy, Petrosea dan Tripatra, mendukung penuh mulai dari desain program sampai pada pelaksanaannya. Berbagi semangat dan misi yang sama dengan jajaran pimpinan Indika, Indonesia Mengajar memanggil anak-anak muda terbaik bangsa untuk mengabdikan diri satu tahun mengajar di pelosok tanah air, mempersiapkan dan mengirimkan 51 Pengajar Muda angkatan pertama ke 46 desa yang tersebar di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Lampung), Kabupaten Bengkalis (Riau), Kabupaten Paser (Kalimantan Timur), Kabupaten Majene (Sulawesi Barat) dan Kabupaten Halmahera Selatan (Maluku Utara).

 

Lebih lanjut tentang dukungan Indika Group »

Indosat

 

Semangat untuk mengusahakan peningkatan dan pemerataan pendidikan di Indonesia membawa Indosat bergabung menjadi bagian dari mitra Indonesia Mengajar. Sejak April 2012, Indosat menjadi Training Partner untuk Pengajar Muda Indonesia Mengajar Angkatan IV dan V. Bertempat di Indosat Training Center and Conference, Jatiluhur, Purwakarta, pelatihan Intensif Pengajar Muda Angkatan IV dan V dilaksanakan selama 7 minggu. Sebagai Training Partner, Indosat tidak hanya menyediakan tempat pelatihan intensif tapi berkontribusi juga dengan memfasilitasi akomodasi pelatihan, serta kelengkapan komunikasi internet berupa modem kepada seluruh Pengajar Muda.

Pada tahun 2013, kepedulian Indosat dalam perubahan positif di daerah penempatan Pengajar Muda melalui dukungannya dalam proses persiapan dan pemantapan Pegajar Muda dibuktikan dengan kembali menjadi Training Partner untuk Pengajar Muda Indonesia Mengajar angkatan VI. 

Pertamina

 

 

PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi meliputi minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Dengan Visi “menuju kehidupan yang lebih baik”, program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pertamina dikelola sebagai program yang berkelanjutan dan memiliki manfaat bagi masyarakat luas. Kesamaan visi ini yang kemudian membawa Pertamina pada tahun 2013 mendukung Indonesia Mengajar dalam pengiriman Pengajar Muda ke daerah. Dukungan Pertamina untuk Indonesia Mengajar diwujudkan dengan turut ambil bagian dalam mengisi kekurangan guru di Kabupaten Aceh Utara, NAD dan Kabupaten Halmahera Selatan,  Maluku Utara.

Perusahaan Gas Negara

 
 
 

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi dengan menyediakan gas bumi sebagai sumber energi bersih untuk pembangunan Indonesia. PGN beroperasi di daerah yang mengandalkan gas bumi sebagai sumber energi utama yaitu dengan menghubungkan sumber gas bumi dengan area industri dan daerah pemukiman. 

 

Sejak Desember 2011, PGN mendukung Indonesia Mengajar dengan kegiatan pendampingan 25 SD di 5 kabupaten penempatan Pengajar Muda. Lima kabupaten tersebut yakni Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, Kabupaten Muara Enim dan Musi Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dan Pulau Bawean Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

 

Pada tahun 2012, PGN memiliki kontribusi lebih dengan menjadi Mitra Rekrutmen Indonesia Mengajar selama satu tahun untuk Pengajar Muda Angkatan VI dan VII. Sebagai Mitra Rekrutmen, PGN mendukung keseluruhan proses rekrutmen Pengajar Muda mulai dari pendaftaran melalui aplikasi online, Direct Assesment, hingga Medical Check Up.

 

Tahun 2013, PGN kembali mendukung Indonesia Mengajar dengan melanjutkan dukungan sebelumnya dan menambah dukungan untuk mendampingi 6 SD lain di Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Gresik, sehingga total pendampingan SD oleh PGN menjadi 31 SD. 

Kembali ke atas

Pemerintah

Kementerian Pendidikan Nasional 

Gerakan Indonesia Mengajar didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Kemendiknas memberikan dukungan, misalnya dengan memfasilitasi komunikasi dengan para pemangku kebijakan di kabupaten yang membutuhkan guru dan juga memberikan berbagai data yang dibutuhkan seperti daerah atau SD yang kekurangan guru. Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Moh. Nuh yang hadir pada saat acara syukuran Indonesia Mengajar pada  tanggal 20 Oktober 2010 menyatakan bahwa gerakan ini merupakan inisiatif positif yang sinergis dengan usaha Kemendiknas untuk melayani SD-SD di pelosok Indonesia. 

Pemerintah Daerah

 

Untuk pemilihan daerah penempatan Pengajar Muda, Indonesia Mengajar bekerjasama dengan Bupati, selaku pemegang kekuasaan tertinggi di Pemerintah Daerah, dan Kepala Dinas Pendidikan. Selain itu, beberapa instansi lain juga ikut berpartisipasi dalam membantu gerakan ini. Sampai saat ini, sudah banyak Pemerintah Daerah yang bekerjasama dengan Indonesia Mengajar, yaitu:

 

Pemerintah Daerah Kab. Aceh Utara

Pemerintah Daerah Kab. Bengkalis

Pemerintah Daerah Kab. Tulang Bawang Barat

Pemerintah Daerah Kab. Lebak

Pemerintah Daerah Kab. Kapuas Hulu

Pemerintah Daerah Kab. Gresik

Pemerintah Daerah Kab. Paser

Pemerintah Daerah Kab. Majene

Pemerintah Daerah Kab. Bima

Pemerintah Daerah Kab. Rote Ndao

Pemerintah Daerah Kab. Sangihe

Pemerintah Daerah Kab. Halmahera Selatan

Pemerintah Daerah Kab. Maluku Tenggara Barat

Pemerintah Daerah Kab. Fakfak

Kembali ke atas

Mitra Pelatihan

Pendukung Pelatihan

 

Intel Teach

 

Kontribusi Intel Indonesia selama ini kepada dunia pendidikan sudah dinyatakan melalui berbagai program pelatihan guru dan pengembangan materi pembelajaran berbasiskan teknologi melalui programnya yang dinamakan Intel Teach. Program inilah yang dikontribusikan kepada Indonesia Mengajar menjadi salah satu modul pelatihan untuk persiapan Pengajar Muda, terutama untuk pengajaran berbasiskan proyek yang berpusat pada siswa. 

Pembicara dan Narasumber

 

Arif Rahman

Bobby Hartanto

Forum Health and Safety Environment (HSE)

I-Teach

Komando Pasukan Khusus (Kopassus)

Kwartir Nasional

Moh. Taufiqurrachman

Munif Chatib

Palang Merah Indonesia

Pusat Kurikulum 

Quantum Learning

Rahmi Yunita 

Rindam Jaya

Rizal Kapita

Sekolah Alam Cikeas

Sekolah Alam dan Sains Al Jannah, Cibubur

Universitas Negeri Jakarta

Yoenarsih 

Zulfikri Anas

Leadership and sharing sessions 

 

Abhay Saboo

Agus Lasmono Sudwikatmono 

Ananda Siregar 

Andi Suhandi

Arifin Panigoro 

Atria Rai 

Benyamin Soemartopo 

Boediono

Budi Karya

Djohan Pinnarwan 

Efek Rumah Kaca

Erry Riyana 

Fasli Djalal 

Iwan Abdurrahman

Iwan Fals 

Janoe Arijanto

Jusuf Kalla 

Kiswhanti

Kusthini

M. Arsjad Rasjid

M. Taufiqurrachman

Pandji Pragiwaksono

Rene Suhardono 

Rico Rustombi 

Robin Bush 

Sanny Djohan

Sudirman Said

Sugiono Wiyono

Tri Mumpuni

Veronica Colondam 

Wisnu Wardhana 

Yayasan Indonesia Lebih Baik / Daya Dimensi Indonesia

Sekolah Dasar Praktek Pengalaman Mengajar

 

MI Al-Aziziyah

MI Raudhatul Wildan

MI Sirojul Wildan

MI Tarbiyatul Huda

SDN Cikereteg 1

SDN Cikereteg 2

SDN Cikereteg 3

SDN Cipare

SDN Pancawati 1

SDN Pancawati 2

SDN Cibogo

SDN Cipayung 01

SDN Cipayung 04

SDN Cipayung 05

SDN Cipayung 06

SDN Megamendung 01

SDN Megamendung 03

SDN Megamendung 04

SDN Cipayung Girang 01

SDN Gadog 1

SDN Gadog 6

SDN Gadog 3

Kembali ke atas

Donatur

Kompas Gramedia

 

Kesamaan visi dan misi untuk mencerdaskan bangsa, membawa Kompas Gramedia menjadi mitra Indonesia Mengajar.  Sejak Mei 2013, Kompas Gramedia menjadi media partner Indonesia Mengajar selama satu tahun ke depan.

Sebagai salah satu media grup terbesar di Indonesia, Kompas Gramedia secara khusus menyediakan expose kegiatan Indonesia Mengajar melalui pemuatan artikel dan iklan. Selain kerjasama dalam bentuk pemuatan artikel dan iklan, kerjasama antara Indonesia Mengajar dan Kompas Gramedia juga bersifat mutualistik, dimana Kompas Gramedia juga dapat terlibat lebih jauh dalam kegiatan bersama antara Indonesia Mengajar dan Kompas Gramedia dengan melibatkan alumni Pengajar Muda Indonesia Mengajar.

Acer Indonesia

 

Kerjasama Acer dengan Indonesia Mengajar yang dimulai di bulan November 2011 dilandasi oleh semangat untuk membukakan wawasan yang luas kepada anak-anak di berbagai pelosok Indonesia melalui teknologi. Acer Indonesia memiliki upaya yang telah lama dirintis dalam menumbuhkan tingkat melek (literacy) TI di sektor pendidikan melalui berbagai inisiatif. Untuk itu, Acer mendukung para Pengajar Muda di berbagai pelosok Indonesia melalui penyediaan fasilitas notebook bagi Pengajar muda untuk mendukung kegiatan mereka selama satu tahun penugasan.  Dukungan ini sangat menguatkan misi Pengajar Muda sebagai jendela kemajuan untuk masyarakat di pelosok yang kami yakini dapat menjembataninya dengan pusat kemajuan dan membawa kemajuan positif.

Selain itu Acer juga menyediakan wacana blog untuk menjadi tempat para siswa dan guru-guru di lokasi penempatan Pengajar Muda menyalurkan aspirasi dan ceritanya. Kami percaya kolaborasi ini akan semakin menggaungkan cerita dari berbagai pelosok Indonesia dan sekaligus menggalang lebih banyak lagi keterlibatan publik untuk berkontribusi positif dalam memajukan pendidikan Indonesia. 

Blitz Megaplex

 

Blitz Megaplex merupakan sebuah jaringan bioskop ternama di tanah air yang menyuguhkan berbagai film berkualitas dari berbagai negara. Blitz Megaplex turut membantu program Gerakan Indonesia Mengajar dengan mendonasikan sebanyak 28 judul film dari berbagai genre dengan jumlah total 126 VCD dan 1.759 DVD, yang bertujuan untuk memberikan hiburan berkualitas bagi anak-anak maupun masyarakat yang ada di daerah penempatan para Pengajar Muda. 

Dentsu Strat

Donggi-Senoro LNG

 

Perusahaan yang bergerak pada usaha pengelolaan gas alam cair (LNG) di wilayah Banggai, Sulawesi Tengah ini, merupakan pengelola proyek LNG hilir pertama di Indonesia dan akan mulai beroperasi pada akhir 2014. Sejak Oktober 2012, Donggi-Senoro LNG bersama dengan Medco Energi mendukung Indonesia Mengajar dengan mengirimkan 6 Pengajar Muda ke kabupaten Banggai.

GroupM Indonesia

 

GroupM merupakan grup manajemen investasi media tingkat global. Dengan jaringan di 81 negara di seluruh dunia dan lebih dari 17,000 staf, menjadikan GroupM sebagai agensi media komunikasi terbesar. GroupM menjadi induk dari beberapa agensi media seperti Maxus, MEC, MediaCom, Mindshare, Catalyst dan Xaxis. GroupM mendukung Gerakan Indonesia Mengajar sejak 24 Februari 2012, dengan memberikan kesempatan kepada siswa di empat sekolah mendapatkan pendampingan pendidikan.

Infracom Telesarana

 

Perusahaan telekomunikasi dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi yang didirikan pada tahun 2005 ini, turut membantu Gerakan Indonesia Mengajar dengan menyediakan VSAT di beberapa titik daerah penempatan Pengajar Muda. VSAT (Very Small Aperture Terminal) yang berguna untuk mengakses internet melalui satelit ini sangat membantu para Pengajar Muda, yang salah satu misinya adalah menjadi jendela kemajuan. Dengan adanya kemudahan untuk mengakses internet ini, Pengajar Muda dapat mencari informasi pembelajaran, bertukar cerita dengan Pengajar Muda lainnya, serta berinteraksi dan berbagi pengalamannya ke masyarakat luas.

 

Sejak awal Maret 2011, sudah ada 6 VSAT yang dipasang di daerah penempatan Pengajar Muda, yaitu Desa Jayamurni dan Desa Balam Asri di Tulang Bawang Barat - Lampung, Desa Palipi dan Desa Tatibajo di Majene - Sulawesi Barat, Desa Bibinoi dan Pulau Bacan di Halmahera Selatan - Maluku Utara.

Intel Corporation

Kontribusi Intel Indonesia selama ini kepada dunia pendidikan sudah dinyatakan melalui berbagai program pelatihan guru dan pengembangan materi pembelajaran berbasiskan teknologi melalui programnya yang dinamakan Intel Teach. Program inilah yang dikontribusikan kepada Indonesia Mengajar menjadi salah satu modul pelatihan untuk persiapan Pengajar Muda, terutama untuk pengajaran berbasiskan proyek yang berpusat pada siswa. 

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU)

Komik Sains Kuark

McKinsey

 

Salah satu perusahaan konsultan terbaik yang berskala internasional, McKinsey, membantu penyusunan strategi program serta pelaksanaannya di awal berdirinya gerakan Indonesia Mengajar. Selain itu, informasi dari hasil riset mengenai generasi muda Indonesia juga membantu Indonesia Mengajar dalam membuat benchmark untuk berbagai hal. Lewat salah satu programnya, Young Leaders for Indonesia (YLI), McKinsey memberi kesempatan kepada peserta YLI untuk melakukan riset dan mengajukan strategi komunikasi yang paling tepat untuk gerakan ini. 

Medco Energi

 

Perusahaan energi terpadu nasional dengan eksplorasi dan produksi internasional ini sejak Oktober 2012  juga turut mendukung Indonesia Mengajar. Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan ini, salah satunya ditunjukkan dengan memberikan dukungan dengan mengirimkan 6 Pengajar Muda ke Kabupaten Banggai bersama dengan Donggi-Senoro LNG. Ke-6 Pengajar Muda ini akan mendampingi 6 sekolah dasar yang diterletak diberbagai desa di Kabupaten Banggai. 

Nutrifood Indonesia

 

Berdiri sejak tahun 1979, Nutrifood memproduksi dan memasarkan berbagai produk makanan dan minuman kesehatan berkualitas internasional dengan berbagai merek terkemuka. Nutrifood memberikan dukungannya terhadap Gerakan Indonesia Mengajar pada April 2012. Dukungan tersebut memberi kesempatan kepada siswa di satu sekolah dasar untuk bertemu dengan anak muda terbaik, yang mendampingi mereka selama setahun.

Pada tahun 2013, Nutrifood Indonesia kembali mendukung Indonesia Mengajar untuk mengirimkan Pengajar Muda ke daerah. Dukungan Nutrifood ini merupakan aksi nyata Nutrifood untuk berkontribusi bagi pendidikan di Indonesia.

PermataBank

 

PermataBank merupakan salah satu bank nasional terbesar di Indonesia yang memiliki berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang sepenuhnya melibatkan karyawan PermataBank (PermataBankers) sebagai relawan. Para PermataBankers diajak untuk melakukan kegiatan CSR dan poin yang terkumpul akan dikonversi menjadi sumbangan dari PermataBank. Sejak Juni 2012, bersama seluruh karyawannya, PermataBank mendukung Indonesia Mengajar dengan pendampingan untuk siswa-siswa di 5 sekolah dasar di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Pada tahun 2013, komitmen PermataBank terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dibuktikan kembali dengan tetap mendukung Indonesia Mengajar mendampingi 2 sekolah dasar di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. 

PricewaterhouseCoopers Indonesia

 

PwC Indonesia yang terdiri dari KAP Tanudiredja Wibisana & Rekan, PT PricewaterhouseCoopers Indonesia Advisory, dan PT Prima Wahana Caraka merupakan firma yang memberikan jasa assurance, perpajakan, dan jasa konsultan untuk klien publik dan swasta. 

 

Sejalan dengan visi professional PwC, dukungan untuk Indonesia Mengajar pun diberikan dengan membantu meningkatkan profesionalisme, akuntabilitas, dan standar pelaporan akuntansinya. Perusahaan konsultan yang memiliki lebih dari 1,500 karyawan di Indonesia ini juga tertarik untuk melibatkan karyawannya lebih jauh dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.

 

Kerjasama sejak akhir Desember 2011 antara kedua institusi yang memiliki  shared value  yang sama ini, yaitu building trust, akan memperkuat simpul kepercayaan yang sudah dibangun oleh semua pihak.

Shafira Foundation

 

Shafira Foundation adalah yayasan sosial yang dibentuk oleh Shafira Group of Companies. Kepedulian Shafira Foundation terhadap perbaikan kualitas pendidikan di tanah air ditunjukkan dengan memberi dukungan terhadap gerakan Indonesia Mengajar. Shafira Foundation mendukung dengan mengirimkan 2 Pengajar Muda di Kabupaten Bengkalis terhitung sejak Mei 2013.

 

TIKI JNE

Sebagai salah satu perusahaan kurir dan logistik terbesar di Indonesia, PT. Tiki JNE berpartisipasi dalam proses pengiriman buku-buku ke seluruh daerah penempatan Pengajar Muda. Buku-buku yang sudah dikumpulkan berdasarkan kebutuhan di daerah dan di sortir oleh para relawan Indonesia Menyala ini, bisa mencapai desa-desa di pelosok Indonesia berkat bantuan PT. Tiki JNE. Sejak Oktober 2011, sudah ada puluhan ribu buku yang digunakan oleh anak-anak dan masyarakat di daerah yang dikirim menggunakan jasa PT. Tiki JNE dengan free of charge. 

 

TVS Company Indonesia

 

Dengan adanya kesamaan visi untuk bersama-sama memajukan pendidikan, PT. TVS Company Indonesia yang tergabung dalam TVS Group, sebuah perusahaan sepeda motor 3 besar di India, ikut berpartisipasi dalam gerakan ini. PT. TVS Company Indonesia menyumbangkan 11 motor untuk para Pengajar Muda selama di daerah penempatan. Melihat dari kebutuhan di daerah, motor ini telah menemani Pengajar Muda yang berada di Tulang Bawang Barat (Lampung), Bengkalis (Riau) dan Paser (Kalimantan Timur). 

Yayasan Indonesia Lebih Baik / Daya Dimensi Indonesia

 

Yayasan Indonesia Lebih Baik (YILB) adalah yayasan yang didirikan oleh Daya Dimensi Indonesia, sebuah konsultan SDM terkemuka di Indonesia yang memiliki lisensi internasional dari Development Dimensions International. YILB adalah recruiting partner kami yang memberikan dukungan dalam penyusunan alat seleksi dan penyediaan tenaga-tenaga asesor untuk mengidentifikasi dan menyeleksi kandidat terbaik yang memiliki semangat pengabdian untuk menjadi Pengajar Muda yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat yang dilayaninya dalam situasi apapun. 

 

 

 

Berbagi semangat dan beban yang sama, selama ini sudah ada 50 staf YILB/DDI yang terlibat sebagai asesor yang telah mendukung gerakan ini. Selain itu, mereka inilah yang terus setia memberikan dukungan kepada para Pengajar Muda yang sedang bertugas dan selalu aktif dalam memperluas dukungan terhadap Gerakan Indonesia Mengajar. 

World Support for Development (Japan)

Kembali ke atas