Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Ricky Kurniawan

Pria berwajah oriental ini lahir dan besar di Sidoarjo, Jawa Timur. Ia adalah lulusan terbaik jurusan Sastra Inggris Universitas Airlangga angkatan 2011 dengan konsentrasi linguistik.

Sejak SMA hingga kuliah, Ricky berkesempatan untuk mengunjungi beberapa negara dan mewakili Indonesia di tingkat internasional, beberapa diantaranya adalah pertukaran pelajar ke Amerika melalui program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study, pertukaran mahasiswa ke National University of Singapore lewat program Temasek Foundation leadership, Enrichment, and Regional Networking, dan juara favorit juri pada The 16th Japanese Speech Award di Jepang.

Menyukai kegiatan sosial kemasyarakatan dan kesukarelawanan, Ricky menyalurkan minatnya ini dengan bergabung di beberapa organisasi. Ia sempat dipercaya menjadi koordinator chapter Indonesian YES Alumni Association dan ketua harian Bina Antarbudaya Surabaya. Jejak kepemimpinan dan berorganisasi mengantarkannya menjadi salah satu Young Leaders for Indonesia 2015 oleh McKinsey&Co. Se

Ricky merupakan anggota pertama di keluarganya yang berkesempatan untuk mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, menjadi Pengajar Muda merupakan kesempatan baginya untuk berbagi hak istimewa itu dengan orang-orang lain yang membutuhkan. Selama setahun ke depan, penggemar martabak manis ini akan mengajar di SDK Bebar Timur, Maluku Barat Daya.