Ratih Rimayanti

 

Ratih, kelahiran 16 Juni 1989 ini menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia jurusan Biologi dengan peminatan ekologi kelautan.  Semasa kuliah, Ratih, yang di kampus akrab disapa RR (baca: er-er) ini, bergabung dalam organisasi tingkat jurusan yang bergiat dalam konservasi laut, SIGMA-B UI (Special Interest Group in Marine-Biology UI), dan menjabat sebagai wakil ketua (2009). Ia juga aktif berkarya pada biro selam MAPALA UI (2009-2012): menjadi Project Leader pada kegiatan perayaan Hari Laut Sedunia  (World Ocean Day) (2010) dan menjadi anggota tim ekspedisi selam air tawar ke danau terdalam di Asia Tenggara, Danau Matano, Sulteng. 

Ratih juga merupakan anggota redaksi majalah Jejak, majalah kampus di bawah naungan MAPALA UI yang bertajuk lingkungan dan gaya hidup ramah lingkungan ala mahasiswa (2010). Dalam bidang akademis, Ratih menjadi penerima beasiswa dari Nagao Environmental Foundation Japan untuk empat tahun masa kuliahnya. Ia juga pernah menjadi perwakilan UI sebagai peserta pada kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI dan LIPI, Pelayaran Ilmuwan Muda tahun 2010 ke perairan Bangka.

Ratih memutuskan bergabung menjadi Pengajar Muda, selain karena ingin melengkapi tridharma perguruan tinggi, juga karena ketertarikannya pada pendidikan dan budaya Indonesia. Terlebih, ia berhasrat untuk membagi pengalaman beserta pelajaran yang terkandung di dalamnya lewat tulisan. Melalui itu, ia berharap akan lebih banyak lagi kaum muda Indonesia yang ‘kenal’ dengan negerinya.

RR yang memiliki hobi berpergian, menulis, memotret, dan karaoke ini menyukai potongan kata-kata dari Paulo Coelho: “laugh insanely, live truly, and forgive quickly” yang kemudian ditambahkannya sendiri dengan “love sincerely” di awal dan “travel frequently” di akhir kalimat.


Logo Indonesia Mengajar
KONTAK

(021) 7221570
info@indonesiamengajar.org

ALAMAT

Jl. Senayan Bawah No. 17,
Kel. Rawa Barat, Kec. Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan 12180

© 2020 Gerakan Indonesia Mengajar
Ikut Iuran