Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Novandi Kusuma Wardana

Vandi sapaannya, Lahir pada tanggal 7 November 1991 dari seorang ibu yang tangguh bernama Siti Zulfah dan seorang ayah bernama Suharmanto di Salatiga. Vandi mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di Universitas Sebelas Maret di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Selama kuliah Vandi gemar mengikuti berbagai kompetisi dibidang kreatif ( fotografi dan advertising) hingga Tuhan Yang Maha Esa pun memberikan kesempatan kepada Vandi merasakan lolos sebagai finasil di berbagai kompetisi antar mahasiswa di Indonesia diantaranya Finalis Caraka Creative Festival 2012. Pada tahun 2013 Vandi kembali menjadi finalis di kompetisi yang sama, dan berkesempatan juga menjadi finalis di beberapa kompetisi lain seperti Pekan Komunikasi yang diselenggarakan di Universitas Indonesia,  dan Ajisaka di Universitas Gadjah Mada. Dan di tahun 2015 karya Vandi kembali lolos sebagai finalis di Pinasthika Award 2015 di Yogyakarta.

Semasa kuliah Vandi bersyukur diberi kesempatan belajar menjadi seorang reporter di dua tempat yang berbeda, pertama di majalah internal kampus bernama Mediator, kemudian berkesempatan bekerja sambil belajar sebagai reporter foto dan tulis di sebuah portal berita online yang mengangkat seputar UMKM bernama terasolo.com. Selama kurang lebih 4 bulan Vandi sempat mencicipi profesi sebagai seorang pramusaji di sebuah restoran cepat saji di Kota Surakarta.

Setahun kedepan (2016-2017) Insyaallah Vandi akan belajar di Kabupaten Yapen Papua bersama anak-anak luar biasa dari salah satu sudut pelosok Indonesia. Sebagai pengajar muda angkatan 12 Vandi berdoa semoga dapat amanah menjalankan tugas dan kembali pulang sebagai pribadi yang lebih bermanfaat.