Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Endah Astuti

Putri daerah Rembang, Kota Kartini ini akrab disapa Endah. Tercatat sebagai alumnus Universitas Diponegoro, Fakultas Kedokteran tahun 2011 dengan sertifikasi Medical Register International tahun 2012 di bagian Neonatalogy Intensive Care Unit di Filipina. Dara yang memiliki kecintaan terhadap ilmu anak dan disaster ini pernah mengikuti ajang ilmiah Japan Conference sebagai finalis dan bergabung dengan mahasiswa medis internasional pada kegiatan Relief Mission Malaysia/UK Iere Student Chapter. Anak baginya adalah guru manusia sesungguhnya dan manusia adalah unik. Pemikiran ini yang menjadikan karya dasar yang pernah diseminarkan pada konsensus Pelatihan Resusitasi Neonatus 2011-2012. Endah pernah berkarier sebagai Peneliti Klinik Universitas Indonesia. 

"I never teach my pupils,they great teacher inspires and I only attempt to provide the condition in which they can learn," adalah nasihat dosennya, yang membuatnya berkontemplasi dan akhirnya memutuskan untuk bergabung menjadi Pengajar Muda. Menjadi Pengajar Muda merupakan wadah pembelajaran yang luar biasa untuk pengembangan kepribadiannya. Endah berharap dapat menjadi salah satu pemuda yang mampu bergerak melakukan perubahan bersama anak dan masyarakat bahwa pendidikanlah yang dapat mengubah dan membahagiakan kehidupan.


Setahun penuh mengajar di SDN INP Lipang, Kab. Kepulauan Sangihe tahun 2013-2014, membuatnya paham bahwa kehadiran adalah bentuk kepedulian yang secara langsung ikut melihat, mendengar, merasakan dan bertindak yang mengajarkan dan mempersatukan kita sebagai saudara, Indonesia.