Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Asri Diana Kamilin

Asri Diana Kamilin merupakan dara asli Bangkalan-Madura dari pasangan Ayahanda Qoffal dan Ibunda Fatimatus Zahro’. Putri kedua dari enam bersaudara ini tercatat sebagai lulusan terbaik Fakultas Pendidikan Psikologi dan mahasiswa berprestasi kedua Universitas Negeri Malang.

Ketika kuliah, Asri bergelut di UKM Al-Qur’an Study Club sebagai pembina bidang Karya Tulis Ilmiah al-Qur’an dan menjadi Dewan Hakim MTQ untuk tingkat SMA dan mahasiswa. Kepercayaan tersebut diperoleh setelah Asri memenangkan medali emas pada MTQ Mahasiswa Nasional XIII dan peserta terbaik pertama MTQ cabang MMQ Provinsi Jawa Timur. Ia juga merupakan salah satu delegasi Indonesia pada International Conference on Islamic Leadership, Malaysia. Selama kuliah, Asri mengabdikan diri sebagai penghafal al-Qur’an di PPTQ Nurul Furqon dan Bayt at-Tahfidz wa al-Qira’ah Cahaya Qur’ani Malang.

Dalam bidang organisasi, Asri aktif di BEM fakultas sebagai kepala Departemen Penalaran, UKM Penulis, serta menjadi delegasi pada kegiatan Pengabdian Masyarakat Realisasi Penelitian II Ikatan Lembaga Penelitian dan Penalaran Mahasiswa Indonesia.

Bergabung dengan Gerakan Indonesia Mengajar bagi Asri merupakan sarana untuk belajar menggerakkan berbagai pihak untuk lebih peka terhadap pendidikan. Selama setahun ke depan, Asri bertugas di SDN Baru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.