Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Amelia Fakhrun Nisa'

Wanita yang kerap dipanggil Amel ini, lahir di Malang, 18 Mei 1993. Anak pertama dari dua bersaudara. Amel merupakan lulusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2011. Semenjak SMP Amel menggeluti dunia mengajar dunia anak-anak. Amel memiliki ketertarikan dunia seni terutama menggambar. Kecintaanya terhadap anak-anak dan dunia seni menghanyutkan hatinya untuk turut serta menjadi Pengajar Muda.  Selain itu, neneknya juga sosok yang menginspirasinya untuk menjadi Pengajar Muda.

Selama kuliah, Amel aktif menjadi pengurus rumah tangga asrama (PRTA) Universitas Negeri Malang, penanggung jawab fakultas forum mahasiswa bidikmisi, dan korp sukarela kampus. Wanita asli desa Gondanglegi ini juga tergabung dalam gerakan perpustakaan anak nusantara dan memiliki “omah belajar sederhana” sejak SMA. Kegiatan pemuda desa regent  Gondanglegi menyemangati langkahnya untuk mengembangkan pemuda pemudi desa untuk lebih peduli lagi pada lingkungan.  Selain itu, kesibukan Amel ketika kuliah adalah menjadi tutor bimbel, tergabung dalam Assessment Psychology and  training suatu lembaga, mengajar di SLB  zero to five dan usai kuliah pernah mengajar di sebuah sekolah non formal “sekolah dolan”. Amel pernah  meraih juara 1 dalam bidang karikatur anti narkoba dan kesehatan.

Pada 2016 Amel mendapatkan kesempatan menjadi Pengajar Muda Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Disana ia menjadi pribadi pembelajar, menularkan semangat mimpi anak bangsa untuk mengembangkan potensi dan menemukan banyak saudara baru yang memberikan sejuta keindahan.