Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Agus Rachmanto

Agus, asal Kebumen, adalah Sarjana Sosial lulusan Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Administrasi Negara tahun 2008. Agus merupakan penerima beasiswa dari PPSDMS Nurul Fikri serta PPKB UGM sebagai mahasiswa berprestasi yang diwujudkan dalam pelatihan. Selain aktif kuliah ia juga aktif dalam kegiatan keagamaan, ia berada di Pondok Pesantren Al Barokah Yogyakarta tahun 2004 hingga 2006. Ia juga aktif berorganisasi, diantaranya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia sebagai Kepala Bidang Kajian Strategis dan Kebijakan Cabang Sleman periode 2004-2008, dan Ikatan Alumni PPSDMS NF Wilayah Tengah sebagai bendahara periode 2010-2011.

Beberapa daerah yang pernah ia kunjungi antara lain Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat (Juli 2009) dan Pulau Nias (September) untuk penelitian dan Gorontalo (Juli - September 2007) untuk Kuliah Kerja Nyata. Pencapaian yang ia banggakan adalah dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan "Sangat Memuaskan".  Ia juga aktif berorganisasi dan aktif pada berbagai riset  baik  riset yang berupa proyek maupun riset yang dilombakan.