Jul
05

Armansyah, siswa SDN 018 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, terpilih menjadi salah satu finalis Kalbe Junior Scientist Award 2012 (KJSA). KJSA adalah ajang lomba karya sains untuk siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia. Siswa SD yang berusia 10 s/d 12 tahun atau duduk di kelas IV, V, dan VI diundang untuk mengirimkan hasil karya sains (penemuan atau percobaan) sederhana di bidang Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu (IPA Terpadu), Teknologi Terapan, dan Matematika.

Armansyah yang merupakan siswa didik dari Edhy Priyatna, Pengajar Muda Kabupaten Paser ini, mendapat kehormatan dimana karya sainsnya yang bernama "Permainan Membangun Piramida Berwarna" terpilih menjadi salah satu dari 18 karya sains terbaik yang dipilih oleh dewan juri. Permainan ini membuat pemain belajar mengenai pecahan tetapi dengan cara yang sangat sederhana dan menyenangkan.

Peserta dari 18 karya sains terbaik tersebut akan diundang ke Jakarta pada 9-13 Juli 2012 untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan tim juri, dan dari penilaian presentasi tersebut akan dipilih 9 pemenang. 9 (sembilan) pemenang tersebut akan diundang kembali pada acara Kalbe Junior Science Fair (KJSF) di Jakarta pada 8-9 September 2012 untuk memamerkan hasil karya sains.

Arman yang merupakan anak ke-4 dari 7 bersaudara dari pasangan  Rahmani dan Nor Jannah ini, memang memiliki kesukaan dan minat yang tinggi terhadap pelajaran Matematika. Walaupun dengan peralatan yang sederhana (dengan batu bata), Arman dapat memodifikasi informasi tentang pecahan menjadi sebuah permainan yang menyenangkan.

Didampingi oleh Edhy, Arman kini tengah mempersiapkan presentasinya pada awal Juli nanti. Mari kita doakan dan dukung Arman :)

* Keterangan Foto:

Arman dan karyanya yang telah dimodifikasi


1 Komentar
  • Martha Florentina
    Luar Biasa. Selamat bwt Armansyah, Edhy Surbakti , seluruh Pengajar dan Tim IM, dan Semua pihak di SDN 018 Tanah Grogot.
    Terus Berkarya Majukan Indonesia.
    Pemuda2 Bangsa yg Unggul, Berkomitmen, BerIntegritas, Mengasihi Bangsanya, Melahirkan Generasi Baru bagi Indonesia.
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!