Semangat Bali Menggapai Cita-Cita

Oleh: Tsani Nur Famy | 24-05-2019

Pernah dengar tentang Pegunungan Bintang? Letaknya di provinsi paling timur di Indonesia. Bagaimana dengan Papua? Barangkali lebih terdengar familiar di telinga.

Ini cerita tentang semangat Bali menggapai cita-cita!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nama lengkapnya Balikus Kakadir. Siswa kelas VI di SD Inpres Pepera, Distrik Pepera, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua ini akrab disapa Bali. Ketika ditanya tentang cita-cita, Bali dengan mantap menjawab ia ingin jadi PNS (pegawai negeri sipil).

Bali tidak main-main dalam menggapai cita-citanya. Untuk ke sekolah, Bali harus berangkat pukul lima pagi dan berjalan kaki selama 2 jam dari rumahnya di Kampung Yunmuku menuju SD Inpres Pepera, melewati hutan tanpa ada penerangan tambahan.

Di kelas, Bali dikenal sebagai anak yang selalu bersemangat, penuh inisatif, dan rajin mengerjakan pekerjaan rumah yang diberi oleh guru. Ia pun tak keberatan ketika namanya dipanggil untuk mengerjakan tugas di depan kelas. Guru-guru dan teman-temannya paham betul kalau Bali bisa diandalkan dalam hal pelajaran atau yang lainnya. Termasuk jadi petugas upacara atau petugas-petugas lainnya yang dibutuhkan di kelas atau sekolah.

Bukan hanya itu, Bali selalu inisiatif membantu guru di sekolah. Baik itu menimba air dan cuci piring setelah pulang sekolah, atau sekadar menemani pak guru ‘berburu’ makanan. Bahkan Bali senang sekali jika dapat kesempatan membantu guru untuk membawa tas atau perlengkapan mengajarnya.

Karena semangat dan inisiatif yang dimiliki Bali dalam belajar, ia cepat berkembang di sekolahnya. Mulai dari menempati peringkat dua di kelasnya sampai terpilih sebagai salah satu perwakilan SD Inpres Pepera dalam Karnaval Anak Papua, sebuah acara lomba untuk mengembangkan bakat dan minat anak yang diadakan di Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang. Berkat kecerdasannya, Bali juga pernah didapuk menjadi ‘guru kecil’ yang mengajar adik-adik kelasnya di kelas 2. Semua dilakukan Bali dengan bangga dan semangat demi cita-citanya!

Setali tiga uang, semangat belajar Bali kini mendapat dukungan dari Nutrifood. Nutrifood yang telah konsisten ikut bekerja bersama Gerakan Indonesia Mengajar untuk memajukan pendidikan di penjuru tanah air sejak 2012 sebagai mitra Pendampingan SD dan mitra Iuran Publik dari hasil penjualan sejumlah produk Nutrifood, kini kembali dengan kampanye ‘Hadirkan Pengajar Muda Untuk Balikus’.  

Kampanye ‘Hadirkan Pengajar Muda Untuk Balikus’ ini juga sekaligus bentuk dukungan Nutrifood pada Indonesia Mengajar dalam rangka Hari Donasi Online Nasional (HARDOLNAS) di situs penggalangan dana daring terpopuler di Indonesia, Kitabisa.com. ‘Hadirkan Pengajar Muda Untuk Balikus’ di Kitabisa.com akan dimulai pada 24 Mei 2019 dan berakhir pada 31 Mei 2019. Donasi yang masuk dalam jangka waktu tersebut akan dilipatgandakan oleh Nutrifood dan menjadi bagian dari Iuran Publik Gerakan Indonesia Mengajar.  

Mari dampingi Bali menggapai cita-citanya dengan turut serta dalam kampanye HARDOLNAS ‘Hadirkan Pengajar Muda Untuk Balikus’ dari Nutrifood dan Indonesia Mengajar di Kitabisa.com. Kamu dan kita semua bisa membantu Balikus dan anak-anak di penjuru Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang lebih baik!