Mei
01

Rasa bahagia Festival Ikut Bekerja 2017 sangat terasa di area Mosaic Walk Kota Kasablanka (29-30/04). Anak-anak hingga orang tua ikut kerja bakti dengan bersemangat. Mulai dari pintu registrasi, antusiasme para peserta terlihat. Ada peserta yang datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan sedang asyik bermain ular tangga. "Kebetulan lagi ada acara di Jakarta, pas banget ada FIB. Aku ikut deh. Acaranya seru banget" ujar Rizka, di sela permainan ular tangga saat menyusuri lantai GF hingga lantai 2 Mall Kokas.

Ada pula kegiatan menulis surat balasan untuk anak-anak dan para penggerak di 24 kabupaten penempatan Pengajar Muda di wahana surat semangat. "Aku balas surat dari muridnya Ratih, teman satu penempatan di Aceh Utara", ujar Anneke, salah satu alumni Pengajar Muda. Beberapa anak yang juga menulis surat balasan pun asyik menambahkan gambar pada surat masing-masing.

Di wahana kotak cakrawala, masing-masing kelompok pun diberikan petunjuk untuk mengumpulkan buku sesuai dengan kebutuhan masing-masing dari taman baca. Salah satu peserta bernama Lani mengatakan bahwa hal mengasyikkan dari mengumpulkan buku ini adalah dia bisa memilih buku-buku terbaik yang akan dibaca oleh pengunjung taman baca yang menjadi tujuan.

Di bagian ketiga dari wahana ada kepingpedia. Para peserta diperkenankan untuk mengambil satu poster yang akan digunakan sebagai media pembelajaran kemudian memotong poster tersebut menjadi beberapa keping puzzle. “Jadi seru pas nanti anak-anak lagi menyusun puzzle trus di balik puzzle ini ada tulisan semangat dari kita”, ujar salah satu panitia fasilitator saat menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan oleh peserta.

Di samping ketiga wahana yang ramai oleh para peserta, juga ada keriangan dan penyemangat saat kegiatan dilaksanakan. Ada kegiatan menari bersama dengan teman-teman dari Nusantari yang juga ikut meramaikan kegiatan. “Senang sekali pas waktu gerak nari bareng-bareng, sampai terngiang-ngiang kalo lagi dengar lagunya”, ujar salah satu panitia.

Hal yang kalah seru adalah saat permainan ular tangga dilakukan. Berbeda dengan ular tangga pada umumnya, kali ini permainan dilakukan dengan para peserta berpindah antara satu pos ke pos lainnya, mulai dari pos yang berada di lantai dasar hingga lantai 2. Di setiap pos pun terdapat berbagai macam kegiatan, mulai dari menebak lagu daerah hingga melakukan beberapa gerakan olahraga.

Kegiatan kerja bakti selama dua hari di mall ini semakin meyakinkan Indonesia Mengajar bahwa dimanapun tempatnya, semua orang bisa ikut bekerja untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Di akhir kegiatan ini, Festival Ikut Bekerja berhasil mengumpulkan:

1. 200 relawan panitia

2. 1000 relawan peserta

3. 14.317 buku

4. 1044 surat semangat

5. 776 kepingpedia

Keseluruhan hasil kerja bakti ini akan dikirimkan ke 89 taman baca di 24 kabupaten, dari Aceh Utara hingga Pegunungan Bintang. Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia atas rekor mengirim buku serentak dengan jumlah dan ke daerah terbanyak. Terima kasih untuk semua pihak yang telah ikut serta dalam kerja bakti ini. Ikut bekerja, ikut bahagia.


0 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!