Jan
26

Kabupaten Nunukan merupakan satu di antara lima kabupaten/kota di Propinsi Kalimantan Utara, dengan luas wilayah sebesar 14.263,68 km2. Berdasarkan geografisnya, Kabupaten Nunukan terletak di wilayah paling Utara Kalimantan  yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia.

Kabupaten Nunukan beriklim hutan tropika humida, terdiri dari musim kemarau dan musim hujan yang berganti setiap tahun serta dipengaruhi oleh angin Muson Barat pada bulan Nopember – April dan angin Muson Timur pada bulan Mei – Oktober.

Di Kabupaten Nunukan juga terdapat 3 perguruan tinggi yang membuka kegiatan perkuliahan. Keberadaan perguruan tinggi ini diharapkan mampu mendorong minat para siswa untuk melanjutkan pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi tanpa harus keluar dari Kabupaten Nunukan.

Mayoritas penduduk di kabupaten Nunukan beragama Islam, diikuti Kristen Protestan, Kristen Katolik, lalu Konghuchu, Hindu dan Buddha. Mayoritas penduduk beragama Islam di kabupaten Nunukan ada di kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan dan Sebatik. Sedangkan penduduk yang beragama Kristen (Protestan) mayoritas berada di kecamatan Krayan, Lumbis, Sembakung dan Sebuku. Sedangkan yang beragama Katolik mayoritas berada di kecamatan Lumbis dan menyebar di beberapa kecamatan lain.

Pengajar Muda ditempatkan di sepuluh desa penempatan yang tersebar di enam kecamatan. Mereka bertugas di Desa Sungai Limau dan Desa Bukit Tinggi (Kecamatan Sebatik Tengah), Desa Harapan dan Desa Apas (Kecamatan Sebuku), Desa Semunad dan Desa Sekikilan (Kecamatan Tulin Onsoi), Desa Sukamaju dan Desa Binter (Kecamatan Lumbis Ogong), Desa Tanjung Matol (Kecamatan Sembakung Atulai) dan Desa Patal (Kecamatan Lumbis).

 

Kembali ke Daerah Penempatan »


1 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!