Jul
29

Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus senantiasa kita bina dan persiapkan untuk menerima estafet masa depan. Di manapun mereka berada, mereka adalah mutiara yang memiliki pancaran sinar kecermelangannya masing-masing. Semangat untuk mendorong dan mendukung mereka, dapat diberikan oleh siapapun, di manapun dan kapanpun.

Dalam rangka Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2012 lalu, Indonesia Mengajar mengadakan mini kompetisi penulisan bertajuk "Surat untuk Anak Indonesia. Kompetisi yang berlangsung satu pekan (dari 19 -25 Juli 2012) ini, diikuti oleh 76 peserta dari berbagai daerah dan latar belakang.

Setelah melalui proses penilaian yang cukup panjang, akhirnya tim penilai memutuskan lima karya terpilih. Adapun lima karya terpilih tersebut, antara lain (diurut berdasarkan abjad):

1. Ilham Himawan (Ende, Flores, NTT) - Surat untuk Anak Indonesia 

2. Isa Rinowati (Blitar, Jawa Timur) - Surat untuk Anak Indonesia

3. Ismi Kurnia Dewi Istiani (Makassar, Sulsel) - Sekolah Untuk Ananda yang Berteman dengan Aksara Terbalik

4. Nanang Triagung Edi H (Jakarta) - Harapan kepada Anak Zaman

5. Retno Firdiyanti (Sleman, Yogyakarta) - Surat untuk Anak Indonesia

Pemilihan karya tersebut didasarkan pada refleksi personal dan pengalaman pribadi penulis, konten surat yang kreatif, serta pesan yang terkandung di dalamnya.

Sebagai apresiasi, 5 karya terpilih tersebut masing-masing akan menerima satu buah buku Indonesia Mengajar 2 (kompilasi cerita dan pengalaman dari Pengajar Muda angkatan 2) yang ditandatangani oleh Anies Baswedan (Ketua Indonesia Mengajar), serta merchandise dari IM.

Selain lima orang tersebut di atas, berdasarkan pertimbangan dari tim penilai, diputuskan bahwa ada tiga karya lain yang mendapatkan "special notice". Bentuk apresiasinya berupa buku Indonesia Mengajar 2. Tiga penulis yang mendapat special notice tersebut, antara lain;

1. Bastian Hidayat (Gunung Kidul, Yogyakarta) - Surat dari Seorang Kakak yang Penuh Mimpi

2. Norma Rahmawati (Surabaya, Jawa Timur) - Teruntuk Anak-anak Indonesia

3. Tridai Sepitri (Jambi) - Buat adik-adikku tercinta di Bumi  Indah Indonesia “ Zamrud Khatulistiwa”

Kepada para penulis yang karyanya terpilih dan menjadi special notice, kami ucapkan selamat :). Dan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi; turut berbagi pesan inspirasif kepada seluruh anak negeri, kami ucapkan terima kasih banyak.

Mari kita terus menulis dan menyebarkan semangat optimisme dan kontribusi untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik :)! Terima kasih. Sampai jumpa dalam mini kompetisi berikutnya.

Salam,

Tim Penilai

 

*NB:

- Hasil penilaian tidak dapat diganggu gugat

- Bagi peserta yang tulisannya terpilih, akan dihubungi oleh tim untuk proses pengiriman hadiah bentuk apresiasinya.


7 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!