Apr
28

Festival Ikut Bekerja (FIB) adalah wahana yang mengajak semua pihak untuk ikut bekerja memajukan pendidikan Indonesia dengan pendekatan mengembangkan minat baca anak – anak. Sejak tahun 2010, Indonesia Mengajar mengirimkan 753 Pengajar Muda ke-24 daerah dari Aceh Utara hingga Pegunungan Bintang, Papua. Di 24 kabupaten tersebut ternyata tumbuh taman – taman baca yang diselenggarakan oleh masyarakat desa sebagai dampak dari kehadiran Pengajar Muda. 

Semangat kerja memajukan pendidikan yang berasal dari desa – desa tersebut ingin ditularkan kepada relawan – relawan yang berada di Kota Jakarta. Agar terjadi kesadaran kolektif bahwa di desa dan di kota, seluruh masyarakat sedang beramai – ramai kerja bakti untuk pendidikan Indonesia. Bekerjasama dengan Kota Kasablanka, Festival Ikut Bekerja dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 April 2017 di area Mosaic Walk. 

Terdapat dua kegiatan besar di Festival Ikut Bekerja. Pertama adalah pengumpulan buku yang dapat dikumpulkan langsung ke Kota Kasablanka atau dikirimkan ke kantor Indonesia Mengajar. Kedua adalah kerja bakti di area Mosaic Walk, Mall Kota Kasablanka. Proses kerja bakti ini terdiri dari mengemas buku, membalas surat dan membuat puzzle serta ikut bermain ular tangga dan juga flashmob menari bersama dengan para peserta lainnya yang akan diinstrukturi oleh penari dari Nusantari. 

Di kegiatan ini, kita akan berjumpa dengan sesama orang yang bersemangat untuk bekerja untuk pendidikan. Orang-orang dari berbagai latar belakang yang akan ikut mengemas buku sesuai dengan kebutuhan masing – masing taman baca secara berkelompok. Setelah itu dilanjutkan dengan membalas surat anak – anak yang berasal dari taman – taman baca yang berada di desa – desa penugasan Pengajar Muda. Terakhir, masih secara berkelompok, peserta akan membuat puzzle sebagai media pembelajaran aktif anak – anak. Kerja bakti akan dilaksanakan secara bertahap. Setiap kelompok masing – masing hanya diberikan waktu selama dua jam. Hasil kerja bakti ini akan dikirimkan ke 89 taman baca di 24 kabupaten di seluruh Indonesia. 

Untuk ikut dalam kegiatan FIB, peserta terlebih dahulu membeli tiket seharga Rp 50.000. Hasil dari pembelian tiket digunakan untuk mengirimkan sarjana terbaik yang telah diseleksi secara ketat ke-24 kabupaten dari Aceh Utara hingga Pegunungan Bintang Papua. Tiket dapat diperoleh pada tautan berikut: 

- bit.ly/tiketfib 

- bit.ly/bukalapakfib 

- bit.ly/bliblifib 

- Untuk pembelian tiket secara grup (min. 6 tiket) hubungi Agi : 0858 4848 5115 

Mari ikut bekerja untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Kapan Anda berhenti untuk berbuat kebaikan? Ikut bekerja, ikut bahagia! 

Pantau terus infonya di: 

FB: Festival Ikut Bekerja 

Twitter: @festival_ib 

IG: festival_ib Web: www.festivalmengajar.org


0 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!