Apr
25

Jakarta, 25 April 2012 - Sebanyak 200 profesional dari berbagai latar belakang profesi berbagi pengalaman mereka melalui program Kelas Inspirasi. Mereka adalah 200 profesional yang terpilih dari 659 pendaftar yang menyatakan diri siap untuk mengambil cuti satu hari untuk berbagi pengalaman kepada para siswa di 25 sekolah dasar negeri yang ada di seputar Jakarta.

Para profesional tersebut datang dari berbagai latar belakang profesi dan sektor. Mereka berasal tidak hanya dari daerah Jakarta, tetapi ada pula yang berasal dari luar Jakarta seperti Kalimantan Timur, Yogyakarta, dan Solo. Kesediaan mereka untuk bergabung di Kelas Inspirasi menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat luas, khususnya kaum profesional, yang bersemangat untuk tidak hanya berpangku tangan, tetapi ikut turun tangan mendukung pendidikan di sekeliling mereka.

Beberapa relawan menyampaikan kesan pesannya seputar pengalaman mereka mengajar anak-anak SD. “Pendapat orang yang menyatakan bahwa mengajar anak SD mudah, perlu dipertanyakan. Jikalau itu memang betul mudah, saya sangat salut kepada mereka. Hebat! Keberadaan anak-anak SD membuat saya angkat topi kepada guru-guru saya,” ujar Steve Kosasih, yang berbagi pengalaman di SDN Kebayoran Lama Selatan 03.

Rindang, yang bekerja sebagai co-Pilot di salah satu maskapai penerbangan nasional, memakai seragam pilotnya untuk merepresentasikan tugasnya. Berbagai pertanyaan penuh keingintahuan dari para siswa SDN Cipinang 03 Pagi disampaikan, mulai dari seputar pesawat, seberapa besar pesawatnya, apa saja yang dilakukan pilot, bagaimana caranya menjadi pilot, dan banyak pertanyaan lain.

Yassin yang berprofesi sebagai Assistant Vice President di salah satu bank internasional, membawa alat peraga berupa beberapa mata uang asing. Ia mengajak para siswa di SDN Kebon Sirih 04 untuk belajar sambil bermain dengan berhitung mata uang asing. Permainan ini membuat siswa sangat bersemangat untuk menghitung kurs mata uang, terlebih bagi siswa yang berhasil menghitung, mendapatkan hadiah.

Novie, menjelaskan profesinya sebagai penyunting di sebuah travelling magazine dengan mengajak para siswa untuk mempraktikkan secara langsung proses pembuatan sebuah tulisan di majalah, mulai dari proses wawancara juga pemotretan gambar. Dengan ini, siswa dapat merasakan sekaligus menjadi seorang jurnalis, fotografer dan juga penyunting.

Budi G. Sadikin, Managing Director  salah satu bank nasional terbesar di Indonesia, berbagi pengetahuan seputar pentingnya menabung kepada para siswa di SD Petojo Utara 13, Jakarta Pusat. Ilustrasi menabung dan manfaatnya disampaikan dengan visualisasi presentasi yang menarik perhatian para siswa. “Dengan menabung secara rutin, walau itu sedikit, lama-lama akan semakin banyak,” ujar Budi.

Kelas Inspirasi memberikan siswa-siswa di sekolah sebuah pengalaman baru, bertemu orang-orang baru. Hadirnya profesional tersebut memberikan pengetahuan kepada siswa tentang beragam karir, yang beberapa diantaranya mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya. berharap hal ini menjadikan siswa terinspirasi untuk memiliki cita-cita dan keinginan kuat untuk meraihnya.

Mardi Wu, volunteer yang sekaligus CEO di sebuah perusahaan consumer product di Indonesia, tidak hanya berbagi tentang pekerjaan sehari-harinya tetapi juga berbagi pengalamannya dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita. Mardi mendorong para siswa di SDN Karet Tengsin 01, agar bersemangat dan termotivasi untuk meraih mimpi dan cita-cita setinggi langit. “Asalkan ada kemauan yang kuat dan kerja keras, cita-cita pasti bisa diraih. Keterbatasan biaya jangan dijadikan penghalang untuk meraih mimpi.”

Tentang Kelas Inspirasi

Indonesia Mengajar mengundang para profesional yang sukses karena pendidikan untuk turun tangan berbagi cerita dan pengalaman kerja. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekedar berjejaring dan berkomunikasi terus. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antara profesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD negeri sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus.

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan SD-SD di Jakarta, khususnya SD Negeri. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.

Lokasi SD Kelas Inspirasi

  1. SD Cipinang Besar Selatan 7 Pagi
  2. SD Petojo Utara 13
  3. SD Tanjung Priok 02
  4. SDB Kampung Bali 01
  5. SDN 01 Semper Timur
  6. SDN Ancol 01 Pagi
  7. SDN Cilandak Barat 19 Pagi
  8. SDN Cipinang 03 Pagi
  9. SDN Duri Pulo 01 Pagi
  10. SDN Duri Pulo 02 & 05 Pagi
  11. SDN Duri Pulo 03 Pagi
  12. SDN Duri Pulo 04 Pagi
  13. SDN Duri Pulo 10 Pagi
  14. SDN Karet Tengsin 01 Pagi
  15. SDN Keb. Lama Selatan 03
  16. SDN Kebon Sirih 01 Pagi
  17. SDN Kebon Sirih 04 Pagi
  18. SDN Kota Bambu 01
  19. SDN Petojo Selatan 01
  20. SDN Petojo Selatan 02
  21. SDN Petojo Selatan 06 Pagi
  22. SDN Rawa Badak Utara 02 Pg
  23. SDN Selong 04 Pagi
  24. SDN Tanjung Priok 01 Pagi
  25. SDN Tomang 11 Pagi

 

*) Foto oleh Rene Suhardono


7 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!