Memasuki IM 2.0, Kompas Gramedia Terus Mendukung Gerakan Indonesia Mengajar

Cerita Pengajar Muda

Gerakan Indonesia Mengajar telah memasuki tahun kelima. Sejak tahun 2010, Indonesia Mengajar percaya bahwa pendidikan yang baik adalah hasil kerja bakti berbagai pihak. Hal inilah yang juga melandasi kepercayaan Kompas Gramedia untuk menjadi mitra media Gerakan Indonesia Mengajar sejak tahun 2013.

Kompas Gramedia yang dikenal sebagai sebuah perusahaan media senantiasa terlibat aktif dalam pendidikan. Di tahun 2013, CEO Kompas Gramedia, Agung Adiprasetyo ikut terlibat dalam Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi merupakan sebuah kegiatan kerelawanan yang diinisiasi oleh Gerakan Indonesia Mengajar pada tahun 2012. Program yang dilakukan berupa mengajar sehari untuk bercerita mengenai profesi kepada anak-anak SD, sehingga pilihan cita-cita mereka menjadi lebih luas. Hingga saat ini, sudah tercatat lebih dari 170 kali penyelenggaraan Kelas Inspirasi di berbagai kota, mulai dari Aceh hingga Papua dan seluruhnya dilaksanakan secara mandiri oleh relawan.

Di tahun 2014, kepercayaan Indonesia Mengajar bahwa kebaikan itu menular pun terlihat juga dalam kerjasama antara Gerakan Indonesia Mengajar dengan Kompas Gramedia. Salah satunya adalah Kompas Gramedia pun secara mandiri melaksanakan kegiatan serupa dengan Kelas Inspirasi, yaitu Inspirasi Kompas Gramedia. Kegiatan ini dilakukan pada 21 Agustus 2014, melibatkan 130 relawan inspirasi yang merupakan  karyawan Kompas Gramedia dari berbagai level manajemen dan dilaksanakan di 10 SD yang tersebar di daerah Palmerah dan Grogol Utara.

Sejalan dengan misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Kompas Gramedia pun terus mendukung Gerakan Indonesia Mengajar. Memasuki lima tahun kedua Indonesia Mengajar, atau biasa disebut sebagai IM 2.0, Kompas Gramedia kembali menjadi mitra kampanye IM. Di tahun ketiga kerjasama ini, banyak hal menarik yang sama-sama disaksikan oleh keduanya, terutama geliat-geliat pendidikan di berbagai daerah penugasan Pengajar Muda hingga di kota-kota lainnya yang memang terus bekerja untuk pendidikan.  Syukuran Lima Tahun Gerakan Indonesia Mengajar di lima daerah penugasan Pengajar Muda pada akhir tahun 2015 dan di Jakarta pada awal tahun 2016 pun akan menjadi tanda bahwa Indonesia Mengajar akan terus bekerja untuk pendidikan Indonesia bersama dengan seluruh mitra dan pihak lain yang ikut terlibat di gerakan ini.  Tak terkecuali, Kompas Gramedia yang terus bekerja untuk pendidikan dengan kembali menyebarkan virus kebaikan lewat terselenggaranya Inspirasi KG pada tahun 2016, sekaligus menyambut Hari Pendidikan Nasional. Semoga seluruh kerja bakti ini dapat terus terjaga kebermanfaatannya. 


Ikut Iuran